KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Aprisindo sebut duet Lutfi dan Jerry saling melengkapi di Kemendag


ILUSTRASI. Mendag Muhammad Lutfi dan Wamendag Jerry Sambuaga usai serah terima jabatan dari Agus Suparmanto di Kemendag, Jakarta, Rabu (23/12/2020)

Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

Kabarmagazine.com –  JAKARTA. Asosiasi sepatu dan alas kaki Indonesia (Aprisindo) menyambut baik dilantiknya Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan yang baru menggantikan Agus suparmanto. Pernyataan ini dikemukakan oleh Direktur Eksekutif Aprisindo Firman Bakri.

Firman juga menyebutkan bahwa pasangan Lutfi dan Jerry sambuaga duet yang pas pagi Kementerian Perdagangan. Keduanya menurut Firman Bakri, bisa saling melengkapi baik dalam konteks perdagangan dalam negeri maupun luar negeri.

“Pak Lutfi punya pengalaman dan kapasitas yang mumpuni di dunia perdagangan dan dunia usaha. Sementara Jerry sambuaga dikenal sebagai milenial intelektual dan pekerja keras serta berorientasi kepada hasil konkret. Duet ini bisa membuat kementerian Perdagangan semakin maju,” ujarnya dalam keterangannya, Rabu (23/12).

Firman menyebut masih banyak agenda perdagangan yang harus segera dituntaskan. Menurutnya, kelancaran bahan baku untuk produk ekspor adalah salah satunya. Ia berharap bahwa masalah itu bisa segera diselesaikan agar ekspor Indonesia semakin meningkat di tahun mendatang.

Baca Juga: Ini cerita Lutfi saat ditunjuk jadi Menteri Perdagangan

“Jadi banyak produk Indonesia yang berorientasi ekspor membutuhkan jaminan ketersediaan bahan baku baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. Nah inilah yang menjadi agenda penting agar produk Indonesia bisa terus memenuhi pasar ekspor yang makin berkembang,” terangnya.

Ketersediaan bahan baku menurut Firman sangat juga daya saing produk Indonesia internasional. Hal ini berkaitan dengan kontrak yang sudah disepakati. Ketidakmampuan memenuhi kontrak akan menghilangkan kepercayaan negara tujuan terhadap produsen Indonesia. Akibatnya, kontrak itu bisa dialihkan ke negara kompetitor Indonesia.

“Khususnya untuk produk sepatu dan alas kaki Indonesia bersaing dengan Vietnam dan China. Indonesia punya keunggulan dari segi kualitas tetapi tanpa ketersediaan bahan baku kemungkinan larinya  kontrak dan investor ke luar negeri sangat besar. Kami berharap kementerian Perdagangan dan kementerian terkait memberikan perhatian yang lebih terhadap hal itu,” ucapnya.

Baca Juga: Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha memiliki kekayaan Rp 94 miliar

Menurut Firman, agenda yang juga urgent untuk diselesaikan adalah perjanjian perdagangan dan implementasinya. Ia menyebut bahwa beberapa negara ASEAN sangat aktif menjalin perjanjian dengan Mitra strategis mereka. Salah satunya vietnam baru menyelesaikan free Trade agreement dengan inggris.

Firman sendiri melihat bahwa selama ini Jerry sebagai wamendag telah bergerak cepat dalam menyelesaikan perdagangan. Namun ia berharap Indonesia bisa segera memperbanyak mitra bilateral dalam perjanjian perdagangan agar pasar ekspor Indonesia semakin luas.

Mengenai implementasi perjanjian perdagangan firman mengatakan bahwa kementerian Perdagangan beserta Kementerian lain sudah di berada di Jalur yang tepat. Sebagai indikator adalah meningkatnya pemanfaatan surat keterangan asal dan fasilitasi perdagangan yang lain. Ia berharap kolaborasi antar stakeholder itu bisa diperkuat lagi supaya hambatan-hambatan yang muncul dalam implementasi perjanjian perdagangan bisa lebih cepat diselesaikan.

Duet Lutfi dan Jerry diyakini bisa menjawab tantangan tersebut. Ketuanya dianggap memahami masalah-masalah yang dihadapi oleh pelaku usaha dalam dunia perdagangan. “Kami dari asosiasi dan pelaku usaha optimis dengan duet ini. Semoga keduanya bisa bersinergi membuat kementerian Perdagangan semakin adaptif dan akomodatif sesuai dengan konteks perdagangan yang semakin kompleks.” tutup Firman.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.