KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Pertumbuhan ekonomi Indonesia sulit di atas 3% pada 2021


ILUSTRASI. Suasana sepi di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta, Selasa (24/11/2020).

Reporter: Venny Suryanto | Editor: Yudho Winarto

Kabarmagazine.com – JAKARTA. Ekonom Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Tauhid Ahmad memproyeksikan, pemulihan ekonomi di tahun 2021 akan sulit tercapai sesuai target pemerintah yang sebesar 5%.

Tauhid Ahmad mengasumsikan makro ekonomi 2020, pemerintah telah sebanyak empat kali merevisi pertumbuhan ekonomi di tahun 2020.

“Ada ketidakpastian pemerintah yang berimplikasi pada dunia usaha. Apakah proyeksi tersebut yang sudah disampaikan kredible atau tidak?,” kata Tauhid dalam diskusi online, Rabu (23/12).

Adapun, Tauhid juga memaparkan hingga November 2020, beberapa indikator ekonomi juga masih menunjukkan tekanan yang berat akibat dari pandemi Covid-19. Di antaranya yakni inflasi pada November 2020 tercatat sebesar 1,59 yoy.

Baca Juga: Ekonomi kuartal IV-2020 diyakini bakal membaik, berikut indikatornya

“Angka inflasi ini masih jauh dari target yang ditetapkan pemerintah dalam Perpres 72/2020 APBN yang sebesar 3%. Sehingga masih ada selisih -1,41. Ini disebabkan masih rendahnya daya beli yang rendah maka berdampak pada perekonomian,” tambahnya.

Sehingga, di tahun 2021 akan menjadi tahun yang krusial bagi Indonesia apabila vaksin tidak ada kepastian baik soal distribusi, tata kelola dan pemilihan vaksinasi.

Dengan perkiraan tersebut, Tauhid memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan sulit mencapai angka 3%.

“Apabila vaksin tidak bisa didistribusikan secara merata di tahun 2021, kemungkinan terburuknya dalam  situasi kegelapan yang cukup lama untuk itu, maka pertumbuhan ekonomi akan sangat sulit di atas 3%,” tutupnya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.