KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Gua Selomangleng di Kediri, pertapaan putri Raja Airlangga


Kabarmagazine.com – Gua Selomangleng merupakan situs sejarah di Kediri, Jawa Timur. Gua ini sudah menjadi ikon Kediri. Kawasan Gua Selomangleng terletak di Jl Mastrip, Pojok, Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur. Lokasinya berada di kaki Gunung Klotok atau sekitar 3,5 kilometer dari pusat kota Kediri. 

Lokasi ini dapat ditempuh baik menggunakan sepeda motor, maupun kendaraan roda empat. Kunjungan ke area wisata budaya ini biasanya membeludak saat liburan sekolah, Natal, dan Tahun Baru.

Ada sejumlah situs wisata religi yang ada di kawasan Gua Selomangleng.  Selain Gua Selomangleng sendiri, terdapat makam Eyang Boncolono, Sumber Tretes, Sumber LO, Gua Padedean, Gua Selobale, juga penemuan Candi Klotok 1 dan 2. 

Baca Juga: Jumlah UKM mie ayam tersertifikasi halal binaan Bogasari naik dua kali lipat di 2020

Wisata di Gua Selomangleng

Gua Selomangleng

Dirangkum dari Indonesia.go.id, lokasi ini memang ramai dikunjungi oleh kalangan penghayat. Namun, pada hari Minggu atau hari libur masih banyak masyarakat yang berolahraga di sana. Seperti jogging dan bersepeda. 

Selain bisa menikmati wahana yang ada, pengunjung juga disuguhi sudut pemandangan perbukitan di lereng Gunung Klotok. Pengunjung bisa merasakan segarnya air di kolam renang. 

Kemudian tak jauh dari Gua Selomangleng terdapat sebuah panggung kesenian. Area di sekitar gua inilah yang kerap dipakai untuk menggelar pertunjukan seni dan kebudayaan tingkat Jawa Timur.

Bahkan setiap tahunnya, Pemerintah Kota Kediri melangsungkan pagelaran panji yang mendatangkan para seniman mancanegara untuk menampilkan karya-karya terbaiknya.

Baca Juga: Bekal liburan akhir tahun, simak daftar zona merah corona di Indonesia per 23/12/2020



Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.