KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Piala Dunia U20 2021 ditunda, berikut nasib Indonesia yang akan jadi tuan rumah?


ILUSTRASI. Piala Dunia U20 2021 ditunda, berikut nasib Indonesia yang akan jadi tuan rumah? ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.

Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Kabarmagazine.com – Swiss. Federasi Sepak Bola Dunia ( FIFA) telah resmi mengumumkan gelaran Piala Dunia U20 2021 diundur. Indonesia tetap akan menjadi tuan ruan gelaran Piala Dunia U20 yang ditunda tersebut.

Pengumuman Piala Dunia U20 ditunda tersebut terbit di laman resmi FIFA pada Kamis (24/12/2020) malam WIB. Sebagai gantinya, FIFA akan menggelar Piala Dunia U20 pada tahun 2023 nanti.

FIFA juga menjanjikan Indonesia tetap menjadi tuan rumah gelaran sepak bola paling akbar kategori U20 tersebut. Laman resmi FIFA menyebutkan, pandemi virus corona menjadi dasar utama dalam keputusan untuk memundurkan jadwal dari semestinya.

Berikut pernyataan Federasi Sepak Bola Dunia terkait Piala Dunia U20 ditunda:

Akibat pandemi COVID-19, Biro Dewan FIFA telah memutuskan untuk membatalkan Piala Dunia FIFA U20 putra dan Piala Dunia U17 edisi 2021 putra, serta menunjuk Indonesia dan Peru, masing-masing dari mereka yang terpilih sebagai tuan rumah turnamen pada 2021, menjadi tuan rumah edisi 2023.

Pandemi Covid-19 terus menghadirkan tantangan bagi penyelenggara acara olahraga internasional dan memiliki efek membatasi pada perjalanan internasional. Oleh karena itu, FIFA secara teratur berkonsultasi dengan pemangku kepentingan terkait, termasuk asosiasi anggota tuan rumah serta konfederasi yang terlibat dalam kedua turnamen yang semula dijadwalkan berlangsung pada tahun 2021.

Baca juga: Aturan sudah terbit, berikut prioritas & jadwal vaksinasi vaksin corona

Dengan demikian, menjadi jelas bahwa situasi global telah gagal untuk normal kembali ke tingkat yang memadai guna mengatasi tantangan yang terkait dengan penyelenggaraan kedua turnamen, termasuk kelayakan jalur kualifikasi yang relevan.

FIFA ingin mengucapkan terima kasih kepada asosiasi anggota tuan rumah, serta pihak berwenang di Indonesia dan Peru, atas komitmen dan persiapan turnamen yang dilakukan selama ini. FIFA berharap dapat terus bekerja sama dengan negara tuan rumah untuk menyelenggarakan turnamen yang sukses.

Kabar Piala Dunia U20 ditunda tersebut tentu menjadi kerugian besar bagi Indonesia. Sebab, PSSI dibantu pemerintah sedang menggodok fasilitas yang dibutuhkan, khususnya renovasi stadion.

Selain itu, posisi timnas U19 Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong saat ini akan berangkat ke Spanyol untuk menggelar training center (TC). Namun demikian, timnas U19 Indonesia bisa fokus ke Piala AFC U19 yang rencananya bergulir pada Maret 2021.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “BREAKING NEWS, FIFA Resmi Tunda Piala Dunia U20 2021 hingga 2023”,

 

Penulis : Mochamad Sadheli
Editor : Mochamad Sadheli

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.