KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
4 Rekomendasi makanan penambah darah untuk cegah anemia


Kabarmagazine.com – JAKARTA. Anemia atau penyakit kurang darah adalah salah satu kondisi yang dialami oleh banyak orang. Penyakit tersebut membuat penderitanya mudah kehilangan konsentrasi, merasa lelah, dan sering sakit kepala. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi makanan penambah darah.

Jumlah darah dalam tubuh bisa bertambah jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi secara rutin. Selain meningkatkan produksi darah, zat besi juga akan mengoptimalkan distribusi oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Tak hanya itu, zat besi juga memiliki fungsi lain, yaitu mengoptimalkan fungsi sel. Beberapa contoh makanan yang mengandung banyak zat besi adalah bayam, brokoli, semangka, daging, dan lain sebagainya.

Bayam

Mengutip dari E Times (timesofindia.indiatimes.com), bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak zat besi. Dengan mengonsumsi bayam secara rutin, jumlah hemoglobin dalam tubuh Anda akan meningkat.

Baca Juga: 5 Jenis buah dan sayur penambah darah untuk mengatasi anemia

Dengan begitu, gejala anemia yang sering Anda alami bisa berkurang. Bayam bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan, seperti sayur bayam dan salad. Dengan mencampurnya bersama sumber makanan bergizi lainnya, bayam cocok untuk Anda konsumsi sehari-hari.

Brokoli

Brokoli adalah salah satu makanan penambah darah.

Makanan penambah darah selanjutnya yang bisa Anda coba adalah brokoli. Dalam 100 g brokoli, Anda bisa mendapat 2.7 mg zat besi. Tak hanya itu, jenis sayuran ini juga mengandung nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari vitamin A, magnesium, dan vitamin C.

Semangka

Dalam segelas semangka, Anda bisa mendapat 0.4 mg zat besi. Selain itu, jenis buah ini juga mengandung banyak vitamin C yang mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi. Semangka juga memiliki kandungan air yang banyak.

Baca Juga: 5 Cara meningkatkan hemoglobin terbaik ini patut dicoba

Ketika mengonsumsinya, Anda akan terhindar dari dehidrasi. Cobalah untuk mengolah semangka menjadi berbagai macam hidangan lezat. Namun, pastikan untuk tidak memakai pemanis buatan karena hal itu bisa berbahaya untuk kesehatan.

Daging

E Times mengatakan bahwa Anda bisa mendapat 2.1 mg zat besi dari mengonsumsi 85 g daging. Hal itu menunjukkan bahwa daging adalah makanan penambah darah yang perlu Anda konsumsi secara rutin. Namun, usahakan untuk memakannya tanpa lemak karena justru bisa mengganggu kesehatan.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.