KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Tudingan kriminalisasi ulama, ini jawaban Mahfud MD


ILUSTRASI. Menko Polhukam Mahfud MD

Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

Kabarmagazine.com – JAKARTA. Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD membantah anggapan yang menyebut adanya kriminalisasi ulama di Indonesia. Mahfud mengatakan, para ulama justru berperan mengatur, memimpin, dan mengarahkan kebijakan di Indonesia.

“Tak ada kriminalisasi ulama di Indonesia sebab selain ikut mendirikan Indonesia dulu, saat ini para ulama lah yang banyak mengatur, memimpin, dan ikut mengarahkan kebijakan di Indonesia,” kata Mahfud, Kamis (24/12/2020), dikutip dari Antara.

Mahfud pun membeberkan sejumlah kasus yang seringkali disebut sebagai kriminalisasi ulama. Padahal, menurut Mahfud, para ulama tersebut diproses hukum karena terbukti melakukan tindak pidana. Misalnya,  kasus Abu Bakar Ba’asyir, di mana Ba’asyir terbukti secara sah dan meyakinkan terlibat terorisme.

“Dia itu dijatuhi hukuman ketika ketua Mahkamah Agung dikenal sebagai tokoh Islam yakni Bagir Manan. Tak mungkin Pak Bagir membiarkan kriminalisasi ulama, jika tak ada bukti terlibat terorisme,” ujar Mahfud.

Baca Juga: Mahfud MD sebut RUU Omnibus Law Keamanan Laut sudah di meja Presiden

Begitu pula dalam kasus Bahar Bin Smith yang terbukti melakukan penganiayaan. Sementara itu, untuk kasus pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, Mahfud mengatakan penetapan tersangka tidak berkaitan dengan politik.

“Tetapi karena terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana umum,” kata Mahfud menegaskan.

Dalam kesempatan yang sama, Mahfud MD menegaskan tidak ada Islamofobia dalam pemerintahan di Indonesia.

Menurut dia, pejabat publik, pemerintahan, pembuat kebijakan, petinggi dan anggota TNI/Polri sebagian besar adalah muslim. “Tidak mungkin bisa menjadi pemimpin jika ada Islamofobia di sini,” kata Mahfud. (Ardito Ramadhan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Mahfud MD: Tak Ada Kriminalisasi Ulama di Indonesia “,

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.