KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
BI perkirakan defisit transaksi berjalan ada di kisaran 1,0%-2,0% PDB pada tahun 2021


Reporter: Bidara Pink | Editor: Herlina Kartika Dewi

Kabarmagazine.com – JAKARTA. Bank Indonesia (BI) memprediksi defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) di tahun 2021 akan berada di kisaran 1,0% hingga 2,0% dari Produk Domestik Bruto (PDB). 

“Rendahnya CAD ini mendukung ketahanan sektor eksternal perekonomian Indonesia,” ujar bank sentral dalam laporan Tinjauan Kebijakan Moneternya. 

Seiring dengan CAD yang bergerak rendah, BI juga optimistis aliran masuk modal asing ke Indonesia tetap berlanjut, seiring dengan ketidakpastian di pasar keuangan global yang mereda. 

Selain itu, aliran masuk modal asing juga didorong oleh imbal hasil instrumen keuangan domestik yang tetap menarik, kepercayaan yang terjaga terhadap kondisi ekonomi Indonesia, serta likuiditas global yang meningkat. 

Baca Juga: Neraca pembayaran Indonesia kuartal III-2020 surplus US$ 2,1 miliar, ini pendorongnya

Sejalan dengan hal itu, BI juga optimistis kalau cadangan devisa akan tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang baik akibat moncernya stimulus untuk pemulihan ekonomi. 

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.