KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Investasi portofolio global ke Indonesia pada 2020 tergerus Covid-19


ILUSTRASI. Pasar modal. Investasi portofolio global ke Indonesia pada 2020 tergerus Covid-19.

Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

Kabarmagazine.com –  JAKARTA. Pandemi Covid-19 membuat aliran investasi asing ke Indonesia menurun. Bank Indonesia (BI) mencatat hal ini dari Posisi Investasi Internasional (PII) Indonesia.

BI mencatat, terjadi penurunan kewajiban neto pada PII Indonesia kuartal III-2020. Pada periode itu, kewajiban neto PII Indonesia mencapai US$ 265,3 miliar atau setara dengan 24,8% dari produk domestik bruto (PDB).

Angka kewajiban neto ini rendah ketimbang posisi kewajiban neto di akhir kuartal II-2020 yakni US$ 281,7 miliar atau 25,7% dari PDB.

Penurunan kewajiban neto tersebut menurut penjelasan BI, disebabkan berkurangnya posisi Kewajiban Finansial Luar Negeri (KFLN) dibarengi peningkatan posisi Aset Finansial Luar Negeri (AFLN).

Baca Juga: BI masih akan terus perkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah

Secara terperinci, KFLN triwulan III-2020 turun 1,4% secara kuartalan (quarter to quater/qtq) dari US$ 660,8 miliar jadi US$ 651,4 miliar.

Penurunan KFLN ini berbarengan dengan menurunnya investasi portofolio. Perkembangan tersebut seiring dengan ketidakpastian pasar keuangan yang tinggi, sementara ada peningkatan transaksi investasi langsung.

BI juga menyebut penurunan posisi KFLN dipicu revaluasi atas nilai instrumen keuangan domestik berdenominasi rupiah lantaran terjadi penurunan harga saham dalam negeri, dan penguatan dolar Amerika Serikat (AS).

Beruntung, penurunan lebih lanjut tertahan karena ada kenaikan transaksi KFLN dari arus masuk investasi langsung dalam bentuk ekuitas dan penarikan utang luar negeri.

Baca Juga: Vaksin jadi upaya terbaru pemerintah menghadapi Covid-19

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.