KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Membakar lemak lebih banyak, inilah manfaat green tea untuk tubuh


Kabarmagazine.com – Ada banyak manfaat green tea yang bisa tubuh Anda rasakan. Mulai dari membakar lemak, meningkatkan fungsi otak, menurunkan risiko kanker, dan lain-lain.

Manfaat green tea tersebut berasal dari antioksidan dan nutrisi penting lain yang terdapat dalam teh hijau.

Mengutip dari Healthline, green tea mengandung polifenol atau senyawa untuk meredakan peradangan dan katekin. Katekin merupakan salah satu jenis antioksidan yang berguna untuk melawan kerusakan sel dalam tubuh.

Zat tersebut mampu mencegah pembentukan dan penumpukan radikal bebas yang dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit. Salah satunya adalah tanda penuaan di kulit.

Selain itu, green tea juga dilengkapi dengan berbagai macam mineral yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat.

Umumnya, green tea dikonsumsi dalam bentuk teh. Anda perlu memilih teh hijau dengan kualitas yang baik supaya manfaatnya bisa lebih terasa.

Cobalah untuk mengonsumsi teh hijau secara rutin sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Berikut manfaat green tea yang bisa tubuh Anda rasakan:

Baca Juga: Inilah 6 manfaat sereh, bisa tingkatkan sistem imun, lo

Meningkatkan fungsi otak

Manfaat teh hijau berguna untuk meningkatkan fungsi otak.

Meski tak sebanyak kafein dalam kopi, kafein dalam teh hijau tetap berguna untuk meningkatkan fungsi otak Anda. Kafein bekerja dengan cara menghalangi neurotransmitter penghambat bernama adenosine sehingga produksi dopamin meningkat.

Selain meningkatkan fungsi otak, kafein dalam teh hijau juga mampu meningkatkan mood atau perasaan, kewaspadaan, dan memori. Fungsi tersebut masih dimaksimalkan dengan adanya asam amino L-theanine.

Membakar lemak

Manfaat green tea selanjutnya, menurut Healthline, adalah kemampuannya untuk membakar lemak dalam tubuh. Sebuah penelitian yang melibatkan 10 pria menunjukkan, konsumsi teh hijau mampu meningkatkan pembakaran kalori hingga 4%.

Meski demikian, hasil penelitian tidak memperlihatkan ada tanda teh hijau mampu meningkatkan metabolisme.

Jadi, jika Anda ingin menurunkan berat badan, imbangi konsumsi teh hijau dengan pola hidup sehat lain. Misalnya, rajin olahraga atau mengonsumsi makanan untuk diet.

Baca Juga: 4 Alasan mengapa teh hijau untuk diet perlu Anda konsumsi

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.