KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Menteri Sandi pastikan pembangunan 5 destinasi super prioritas jadi target 2021


ILUSTRASI. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Yudho Winarto

Kabarmagazine.com – JAKARTA. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan pembangunan dan pengembangan 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) akan menjadi target utama program Kemenparekraf pada 2021.

Kemenparekraf pun diharapkan bisa bekerja cepat dan melakukan konsolidasi secara internal maupun eksternal dalam mengatasi dampak dari pandemi Covid-19 pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kita harus bergerak cepat, team work harus betul-betul diperkuat untuk dapat mengatasi pandemi sekaligus upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Senin (28/12).

Sandiaga juga menerangkan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan telah meminta agar pembangunan 5 DSP tersebut segera disiapkan dan dilengkapi. Karenanya, Kemenparekfar akan berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait lainnya.

“Saya diminta langsung untuk melakukan koordinasi, karena penyiapan infrastruktur serta sarana dan prasarana penunjang lainnya harus dipastikan tereksekusi dengan baik,” ujarnya.

Baca Juga: Terbang ke Bali, Menteri Sandiaga Uno tinjau penerapan protokol kesehatan

Berbagai koordinasi yang dilakukan seperti dengan Kementerian PUPR terkait infrastruktur, Kementerian Perhubungan terkait kesiapan bandara maupun interkoneksi ke destinasi tujuan wisata, juga dengan Kementerian ESDM untuk dukungan jaringan listrik, serta kementerian/lembaga lainnya.

Tidak hanya dari aspek infrastruktur, Sandiaga juga menyebut penyiapan lain juga dilakukan seperti penyiapan destinasi serta kesiapan produk ekonomi kreatif seperti kuliner, fashion, dan lainnya.

Bahkan, Sandiaga juga menyebut penyiapan sumber daya manusia menjadi hal yang penting. Untuk itu, Kemenparekraf akan turut berkolaborasi dengan Kemendikbud.

“Sesuai diskusi saya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya, kita harus persiapkan 5 Destinasi Super Prioritas, harus kita lengkapi fasilitas. Di tengah keterbatasan akibat Covid-19 ini kita harus banyak berkolaborasi,” kata Sandiaga.

Sandiaga juga mengatakan, fokus saat ini adalah memaksimalkan potensi wisatawan nusantara sebesar 55 juta dari kelas menengah.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.