KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Tahun depan, beban bunga utang pemerintah naik, Ekonom CORE: Akibat efek pandemi


ILUSTRASI. Direktur Riset CORE Piter Abdullah

Reporter: Venny Suryanto | Editor: Khomarul Hidayat

Kabarmagazine.com – JAKARTA. Pembayaran bunga utang pemerintah pada tahun depan dialokasikan sebesar Rp 373,3 triliun. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan pembayaran bunga utang di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 yang sebesar Rp 338,8 triliun.

Ekonom CORE, Piter Abdullah menilai, pembayaran pokok dan bunga utang biasanya tidak meleset jauh dari rencana pemerintah karena semua sudah berdasarkan perhitungan pemerintah.

“Yang bisa membuat perbedaan adalah pertama faktor asumsi nilai tukar dan kedua realisasi utang baru pemerintah,” kata Piter kepada Kabarmagazine.com, Senin (28/12).

Baca Juga: BI memperkirakan defisit transaksi berjalan tahun 2020 di bawah 1,5% dari PDB

Menurutnya, pembayaran bunga utang yang naik 12,5% dibandingkan tahun sebelumnya disebabkan karena adanya dampak pandemi Covid-19. Sehingga, pemerintah harus menaikkan kebutuhan utang pemerintah di tahun ini dan tahun depan.

“Akibat pandemi Covid-19, pemerintah juga harus melakukan pelebaran defisit anggaran sehingga menyebabkan pemerintah harus menaikkan utang pada tahun berjalan,” ujarnya.

Piter mengatakan, hal ini bukan suatu isu yang besar. Sebab untuk menanggulangi dampak pandemi Covid-19, pemerintah perlu menaikkan porsi utang di tahun ini yang digunakan untuk penyaluran bantuan pada masyarakat.

“Selama pandemi masih berlangsung dan masyarakat kita membutuhkan bantuan dari pemerintah, utang pemerintah dipastikan akan meningkat dan dampaknya kewajiban pembayaran pokok dan bunga utang pemerintah akan terus meningkat,” ujarnya.

Piter menilai alokasi pembayaran bunga utang pada RAPBN 2021 sebesar Rp 373,3 triliun masih realistis. Sebab, pemerintah telah memperhitungkan kemampuan pembayaran beban bunga utang yang telah dilakukan.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.