KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Anda mengalami sakit leher? Ini penyebab dan cara mencegahnya


Kabarmagazine.com – Sakit leher merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup sering banyak orang alami. Ada banyak hal yang menyebabkan terjadinya kondisi itu. Mulai osteoartritis hingga otot leher yang menegang karena posisi tubuh yang kurang benar.

Meski jarang terjadi, rasa sakit di leher juga bisa jadi tanda masalah kesehatan lain yang lebih serius. Jika Anda mengalami beberapa gejala yang berlangsung dalam jangka waktu lama, segera periksakan diri ke doter supaya mendapat perawatan yang tepat.

Mengutip dari Mayo Clinic, Anda mengalami sakit leher jika rasa nyeri semakin parah saat melakukan satu posisi yang sama dalam jangka waktu lama. Misalnya, menyetir mobil atau menggunakan laptop.

Selain itu, otot leher menegang dan ruang gerak kepala Anda semakin terbatas. Rasa nyeri juga bisa menyebabkan Anda mengalami sakit kepala. Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter bila gejala tersebut semakin parah, mengalami kesemutan, dan menjalar ke kaki atau tangan. 

Baca Juga: Perhatikan, 5 cara menjaga kesehatan mata buat yang sering menatap layar komputer

Baca Juga: Penyebab dan cara mengatasi benjolan di leher ini perlu Anda perhatikan

Penyebab sakit leher

Menggunakan otot leher secara berlebihan bisa membuat otot tegang. Hal itulah yang menyebabkan rasa sakit muncul di bagian leher Anda. Selain itu, rasa sakit juga bisa karena penyakit hernia yang menekan saraf di bagian sumsum tulang belakang.

Tak hanya itu, Mayo Clinic menyebutkan, ada beberapa jenis penyakit yang menimbulkan rasa sakit di leher. Mulai dari kanker, reumatoid artritis, osteoartritis, dan meningitis. Hal yang sama juga bisa ditimbulkan karena Anda mengalami kecelakaan.

Cara Mencegah Sakit Leher

Untuk mencegah rasa sakit yang semakin parah, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Pertama, gunakan postur tubuh yang baik saat duduk atau berdiri.

Kedua, sering lakukan peregangan. Saat Anda mengemudi kendaraan atau menggunakan laptop, lakukan gerakan lain supaya tubuh tidak kaku.

Ketiga, mengatur posisi meja, kursi, dan komputer yang Anda gunakan sehari-hari juga penting untuk Anda lakukan.

Keempat, mengatur posisi tubuh juga penting Anda lakukan saat tidur. Usahakan untuk meletakkan kepala dan leher sejajar dengan tubuh. Jika perlu, Anda bisa memakai bantal tambahan di bawah leher.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.