KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Turunkan risiko cacat lahir dan redakan sembelit


Kabarmagazine.com – Kehamilan adalah momen yang penting bagi seorang perempuan. Saat hamil, seorang calon ibu akan memperhatikan asupan makanan untuk memastikan bahwa bayi di dalam kandungan mendapatkan nutrisi yang tepat untuk pertumbuhan dan perkembangannya. 

Salah satu menu wajib yang harus dikonsumsi adalah buah-buahan dan sayuran segar lantaran kaya dengan nutrisi penting dan serat. 

Sayuran dan buah-buahan memberi janin mineral dan vitamin yang diperlukan untuk pertumbuhannya. Salah satu buah yang sehat, enak, dan bergizi untuk dikonsumsi selama masa kehamilan adalah pisang. 

Pisang adalah buah tropis yang mengandung vitamin esensial, mineral, karbohidrat, dan serat makanan. 

Baca Juga: Sering ibu hamil alami, begini cara mengatasi kontraksi palsu

Kandungan pisang 

Dirangkum dari laman Parenting Firstcry, pisang kaya akan sumber karbohidrat, serat makanan, asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6, Vitamin C, Vitamin B-kompleks, dan mineral seperti mangan, magnesium, kalium, kalsium, tembaga, dan selenium. 

Semua nutrisi ini membantu perkembangan janin yang sehat selama kehamilan. Makan pisang juga bisa meredakan beberapa komplikasi yang muncul selama kehamilan dan bisa bermanfaat bagi kesehatan ibu dan bayi.

Manfaat makan pisang selama kehamilan

Beberapa manfaat makan pisang selama kehamilan adalah sebagai berikut: 

1. Membantu meredakan rasa mual dan muntah 

Pisang kaya akan vitamin B6 atau piridoksin. Vitamin B6 dapat mengurangi rasa mual dan morning sickness. Sehingga, makan pisang, terutama pada trimester pertama kehamilan sangat dianjurkan bagi wanita hamil. 

Baca Juga: Moms, inilah obat yang tidak boleh dikonsumsi ibu menyusui

2. Membantu menurunkan risiko edema

Banyak wanita hamil mengalami edema atau penumpukan cairan tubuh pada trimester kedua dan ketiga kehamilan mereka. Edema dapat menyebabkan pembengkakan pada pergelangan kaki, kaki, dan persendian lainnya. 

Jika Anda melihat pembengkakan pada persendian atau pergelangan kaki, hindari mengonsumsi makanan asin dan perbanyak konsumsi pisang untuk membantu mengurangi pembengkakan.

3. Memberikan energi bagi ibu hamil 

Pisang kaya akan karbohidrat karena mengandung gula sederhana seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang dapat dicerna dengan cepat oleh tubuh untuk memberikan dorongan energi secara langsung. 

Selama trimester terakhir kehamilan, makan pisang dapat meningkatkan energi dengan cepat. Makan pisang bahkan akan membantu Anda melawan kelelahan dan meningkatkan energi. 

Baca Juga: Cara merawat payudara ibu hamil di trimester tiga



Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.