KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
3 Manfaat energi matahari bagi manusia, bisa cegah kanker


Kabarmagazine.com – JAKARTA. Terkena paparan sinar matahari yang terlalu banyak memang bisa berdampak buruk bagi kulit. Namun, tahukah Anda bahwa mendapat paparan sinar matahari yang cukup bisa membuat tubuh sehat. Ada banyak manfaat energi matahari bagi manusia yang bisa Anda rasakan.

Sinar matahari adalah salah satu faktor yang memicu produksi hormon di otak, yaitu serotonin. Saat ada cukup banyak jumlah hormon serotonin dalam tubuh, mood atau perasaan Anda menjadi lebih baik. Anda pun akan merasa lebih tenang dan fokus dalam melakukan kegiatan.

Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa kekurangan paparan sinar matahari dapat menyebabkan jumlah serotonin berkurang. Ketika hal itu terjadi, risiko Anda mengalami depresi pun akan meningkat.

Maka dari itu, usahakan untuk berjemur di bawah sinar matahari secara rutin. Anda bisa melakukanny secara rutin di pagi hari. Tak hanya berguna untuk meningkatkan mood Anda, ada banya lagi manfaat sinar matahari yang bisa Anda dapat.

Baca Juga: 7 Manfaat buah stroberi untuk kesehatan tubuh

Memperkuat Tulang

Saat terkena sinar UV B, kulit akan memproduksi vitamin D. Hal itu menunjukkan bahwa manfaat energi matahari bagi manusia berguna untuk memperkuat tulang. Ada banyak penyakit yang bisa Anda alami jika mengalami kekurangan vitamin D, seperti osteoporosis atau osteomalacia.

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Manfaat selanjutnya yang bisa Anda dapat dari sinar matahari adalah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh bisa dicegah. Namun, pastikan untuk tidak terpapar sinar matahari secara berlebihan karena justru dapat menyebabkan kanker kulit.

Mengutip dari Healthline, orang-orang yang tinggal di area dengan intensitas sinar matahari rendah lebih rentan memiliki penyakit kanker. Beberapa jenis kanker yang dimaksud adalah kanker ovarium, kanker prostat, dan kanker pankreas.

Mengatasi Masalah Kulit

Manfaat energi matahari bagi manusia juga mampu mengatasi masalah kulit yang Anda alami, lo. Menurut World Health Organization atau WHO, sinar UV mampu mengatasi psoriasi, eksim, penyakit kuning, dan jerawat.

Baca Juga: Tips mengatasi kulit kusam dengan cara yang mudah

Jika Anda ingin mendapat manfaat-manfaat tersebut, cobalah untuk berjemur di bawah sinar matahari selama lima hingga 15 menit. Lakukan hal itu sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu. Namun, usahakan untuk tidak berjemur dari pukul 10 pagi hingga empat sore.

Bila Anda terpaksa melakukan kegiatan di luar ruangan dalam rentang waktu itu dan lama, pastikan untuk memakai pelindung sinar matahari. Mulai dari baju dan celana panjang, topi, kacamata, dan sunscreen.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.