KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Kalau Presiden disuntik vaksin corona, menkes harus disuntik duluan


ILUSTRASI. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat

Kabarmagazine.com – BANDUNG. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, ia juga akan disuntik vaksin corona jika nanti program vaksinasi corona dimulai.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, dirinya akan lebih dulu disuntik untuk menjamin keamanan vaksin corona. “Kalau Bapak Presiden Jokowi disuntik, sudah pasti menkes harus disuntik duluan,” ujar Budi dalam konferensi pers virtualnya, Rabu (30/12/2020).

Budi mengungkapkan, saat ini pemerintah berusaha maksimal menangani pandemi Covid-19. Salah satu langkah yang dilakukan adalah membeli dua jenis vaksin dari perusahaan besar dunia yakni AstraZeneca dan Novavax.

Budi menyebutkan, pemerintah membeli 50 juta dosis vaksin dari masing-masing perusahaan itu. Vaksin dari Kanada dan Inggris ini memberikan variasi yang cukup untuk rakyat Indonesia.

Baca Juga: 1,8 Juta vaksin tiba besok, Menlu Retno: Akan ada 3 juta vaksin Sinovac di Indonesia

Sebab sebelumnya, Indonesia sudah bekerjasama dengan Sinovac, China, untuk pengadaan vaksin Covid-19.

“Tahap pertama mengenai penyediaan persetujuan vaksin Insya Allah bisa kita selesaikan satu sampai dua minggu, sehingga kami di Kemenkes bisa masuk ke tahap kedua, bagaimana mendistribusikan vaksin ke seluruh pelosok Indonesia dalam waktu singkat,” tutur dia.

Yang paling kompleks nantinya adalah tahap penyuntikan vaksin karena tidak bisa dilakukan sendiri. Untuk itu, ia meminta semua pihak bekerja sama untuk menyukseskannya. “Kita harus lakukan bersama-sama,” tutur dia.

Untuk percepatan penanganan Covid-19, Budi mengaku, pihaknya bekerja selama libur Tahun Baru.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menegaskan siap menjadi orang pertama yang menerima vaksin Covid-19 di Indonesia. “Saya juga ingin tegaskan lagi saya yang akan menjadi penerima pertama (divaksin Covid-19) untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman,” ujar Jokowi dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (16/12).

Jokowi pun menyampaikan, vaksin Covid-19 akan diberikan gratis pada masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Daftar urutan penerima vaksin Covid-19 di Indonesia, Jokowi siap jadi yang pertama

Penulis : Kontributor Bandung, Reni Susanti
Editor : Dheri Agriesta

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Menteri Budi: Kalau Presiden Disuntik Vaksin Covid-19, Pasti Menkes Harus Disuntik Duluan”.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.