KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Jadi tradisi saat perayaan malam tahun baru, ini sejarah barbeku


Kabarmagazine.com – Banyak yang merayakan malam tahun baru dengan barbeku atau bakar-bakaran. Ternyata, barbeku memiliki sejarah panjang hingga kini menjadi tradisi sebuah perayaan di momen-momen tertentu. 

Dirangkum dari Live Science, sejarah barbeku telah dimulai sejak nenek moyang manusia bernama Homo Erectus mulai memasak daging dengan api sekitar 1,8 juta tahun yang lalu, menurut Planet Barbecue (Workman Publishing, 2010). 

Tapi barbeku yang seperti masyarakat luas saat ini yakni dengan memanggang daging di atas panggangan, dioles rempah-rempah dan saus berasal dari Karibia.

Sementara, kata barbeku berasal dari bahasa suku Indian Karibia yang disebut Taino. Mereka menyebut aktivitas memanggang di atas perapian kayu dengan barbacoa

Kata itu pertama kali muncul di media cetak dalam catatan penjelajah Spanyol di Hindia Barat pada tahun 1526, menurut Planet Barbecue. Sejak itu, popularitas barbeku menyebar dengan cepat. 

Baca Juga: Ramalan 2021: 2 Zodiak ini akan mengalami perubahan terbesar dalam hidup

Populer di Amerika Serikat

Barbeku menjadi populer di Amerika Serikat sejak zaman kolonial dan berkembang menjadi budaya turun temurun. Bahkan, salah satu undang-undang pertama di Virginia tahun 1650-an melarang pelepasan senjata di acara barbeku.

Sejumlah peristiwa penting di AS pun sering dirayakan dengan barbeku bersama. Seperti kemenangan Perang Revolusi hingga pembangunan jembatan pertama di atas Sungai Missouri. 

Presiden-presiden AS pun tercatat sebagai penggemar barbeku di antaranya George Washington dan Abraham Lincoln. 

Tingginya peminat barbeku di AS membuat pabrik briket pertama dibangun oleh Henry Ford pada 1921 yang dirancang oleh Thomas Edison. Sejak saat itu, barbeku identik dengan perayaan spesial untuk semua kalangan. 

 



Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.