KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Perut kembung dan mual? Yuk, ketahui penyebab dan cara mengatasinya


Kabarmagazine.com – JAKARTA. Perut kembung adalah kondisi di mana perut terasa penuh gas, kenyang, dan tidak nyaman. Biasanya, hal tersebut dibarengi dengan rasa mual. Perut kembung dan mual merupakan hal yang umum dialami oleh banyak orang.

Ada banyak hal yang menyebabkan terjadinya kondisi tersebut. Mulai dari hal sepele hingga masalah kesehatan yang serius. Beberapa faktor penyebab yang disebutkan Healthline (healthline.com) adalah GERD, sembelit, hamil, terlalu banyak makan, keracunan makanan, dan lain sebagainya.

Kanker, tumor usus, sirosis hati, dan gagal jantung bisa jadi penyebab lainnya, tapi faktor tersebut jarang terjadi. Anda tak perlu khawatir jika mengalami masalah itu karena umumnya perut kembung dan mual yang Anda rasakan bisa hilang sendiri seiring berjalannya waktu.

Namun, jika rasa tidak nyaman berlangsung lama dan tak kunjung hilang, segera periksakan diri ke dokter. Apalagi jika ada gejala lain yang lebih parah, seperti nyeri dada, sakit kepala, muntah darah, dan feses yang keluar bercampur dengan darah pula.

Baca Juga: 4 Cara mengatasi perut kembung pada bayi terbaik yang bisa Anda coba

Cara Mengatasi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi perut kembung dan mual adalah dengan beristirahat dalam posisi tegak. Hal itu berguna untuk meredakan efek GERD atau naiknya asam lambung. Hindari melakukan aktivitas fisik berlebih karena bisa memperparah rasa mual.

Selain itu, cobalah untuk mengonsumsi minuman dengan pemanis alami supaya rasa sakit berkurang. Hindari makanan atau minuman dengan pemanis buatan, seperti minuman soda dan alkohol, agar jumlah gas dalam tubuh Anda tak semakin banyak.

Jika benar-benar dibutuhkan, Anda bisa mengonsumsi obat apotek. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter supaya kondisi kesehatan Anda tak memburuk. Healthline mengatakan bahwa tak semua obat apotek efektif, jadi Anda tetap perlu selalu waspada saat mengonsumsinya.

Baca Juga: Cara mengatasi bayi yang susah buang air besar

Cara Menghindari

Beberapa cara menghindari perut kembung perlu Anda lakukan supaya kesehatan tubuh Anda terjaga. Pertama, hindari makanan yang dapat menyebabkan sakit perut. Anda bisa mengonsumsi ayam atau sayuran rebus, nasi, puding, dan jenis makanan lain agar tak mengalami sakit perut.

Kedua, rajin olah raga dan hindari dehidrasi. Ketiga, berhenti merokok. Keempat, jangan terlalu banyak mengonsumsi minuman soda dan mengunyah permen karet karena bisa meningkatkan jumlah gas dalam tubuh.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.