KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Catat tips ini biar resolusi 2021 tak cuma bertahan sebulan


Kabarmagazine.com – JAKARTA. Tahun baru berarti resolusi baru bagi banyak orang. Mulai dari berolahraga lebih banyak hingga mengubah jalur karier. Resolusi untuk tahun baru sepenuhnya bersifat pribadi, jadi tidak ada tujuan yang benar atau salah untuk dibuat. 

Memulai tahun baru setelah masa yang sangat menegangkan ini mungkin membuat kita merasa bahwa masa sulit akan tetap ada. Namun, pengalaman yang telah kita lalui di tahun 2020 sebenarnya dapat membantu kita untuk menjadi lebih sukses di tahun baru. 

Adanya serangkaian resolusi baru juga dapat membawa kita pada tahun 2021 yang lebih menyegarkan dan penuh harapan baik. Seorang pekerja sosial, Takia Richardson membagikan kiatnya untuk membuat resolusi tahun baru di 2021, agar kita lebih mudah menerapkannya. 

Baca Juga: Jangan sampai 2021 keuangan kacau, pakai tips mengatur keuangan dari Warren Buffett

1. Merefleksikan diri 

Setelah tahun 2020, kita mungkin merasa perlu menyetel ulang berbagai rencana untuk masa depan. Luangkan waktu untuk benar-benar merefleksikan diri sebelum menetapkan tujuan apa pun. Proses refleksi ini perlu agar kita bisa membuat target yang mungkin dilakukan, mengingat banyak hal dan kondisi yang berubah setelah masa pandemi. 

Meskipun memikirkan tahun 2020 bisa melelahkan, Richardson merekomendasikan agar kita menerapkan pelajaran dari tahun sebelumnya ke dalam tujuan kita. “Saya pikir tahun 2020 telah menunjukkan kepada kita, bahwa kita perlu lebih mudah beradaptasi dan fleksibel dengan diri sendiri ketika membuat resolusi ini,” kata dia. 

Salah satu cara terbaik untuk tetap berpegang pada tujuan kita adalah dengan bersabar terhadap diri sendiri dan fokus pada hal-hal yang dapat dikendalikan selama masa-masa yang tidak pasti ini. 

Baca Juga: Masukkan 8 makanan ini dalam menu tahun 2021 untuk hidup lebih sehat

2. Tetapkan tujuan yang kecil 

Cara terbaik untuk mencapai resolusi adalah dengan menetapkan tujuan yang kecil, alih-alih mengambil satu resolusi besar yang mengubah hidup. Serangkaian sasaran kecil yang dapat dikelola akan membuat resolusi keseluruhan kita tidak terlalu besar atau berlebihan untuk dicapai. 

“Bila kita memiliki tujuan besar namun tidak membaginya menjadi langkah-langkah yang lebih kecil, maka kita bisa merasa tidak membuat kemajuan sama sekali,” terang dia. Jadi, tetapkan tujuan kecil yang dapat dikelola dan rayakan setiap kemenangan kecil saat kita mencapainya. 

Misalnya, jika kita menetapkan target lari maraton pada akhir tahun, ini mungkin tampak seperti tugas yang berat. Tetapi, apabila kita menetapkan sasaran mikro yang lebih kecil untuk secara konsisten berlari beberapa kilometer setiap hari, kita akan mencapai hasil yang besar. 

Baca Juga: Catat 5 tips agar keuangan membaik di tahun 2021

Editor: Wahyu T.Rahmawati



Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.