KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Ingin mencapai kebebasan finansial sedini mungkin? Lakukan 3 hal ini


Kabarmagazine.com –  Menjadi mandiri secara finansial merupakan mimpi hampir semua orang. Namun untuk mewujudkannya tidaklah mudah. Seorang jutawan bernama Grant Sabatier membeberkan tips hingga ia menuju kebebasan finansial dan pensiun dini dalam 10 tahun sejak direncanakan.

Kini Sabatier berusia 34 tahun, dan 10 tahun lalu pada 2010 ia merencanakan pensiun dini saat ia berusia 24 tahun. Apa rahasianya? Ia mengatakan keinginan untuk pensiun dini didasarkan pada kondisi sulit yang ia hadapi waktu itu.

Sabatier mengisahkan, pada saat ia berusia 24 tahun, ia sering berpindah pekerjaan dan kemudian mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) saat kondisi keuangan waktu itu terjadi. Ia masih ingat, ia hanya memiliki kurang dari US$ 5 dalam rekeningnya dan ia berjuang keras bagaimana ia dan orang tuanya tetap bisa hidup.

Wakut itu, ia bertekad untuk menuju kebebasan finansial dan pensiun dini secepat mungkin. Untuk mencapai tujuannya itu, ia menargetkan memiliki uang sebesar US$ 1 juta agar bisa pensiun dini.

Baca Juga: Tiga hal ini bisa membuat Anda tak bisa pensiun meski sudah menabung

Sejak itu, ia mulai melakukan pekerjaan apa pun untuk menghasilkan uang. Sabatier juga mulai meningkatkan penghasilannya hingga mencapai lebih US$ 300.000 per tahun. Kemudian ia berhasil menghemat sekitar 80% dari pendapatannya, kemudian ia investasikan di pasar saham.

Hanya dalam waktu lima tahun, tiga bulan dan enam hari, Sabatier mencapai tujuannya dengan  memiliki uang lebih dari US$ 1,2 juta yang berhasil dia hemat dan itu terjadi pada 2015, atau lima tahun lebih cepat dari target.

Meskipun ceritanya terdengar ekstrem, Sabatier, yang kini berusia 34 tahun, percaya hampir semua orang yang berpenghasilan lebih dari jumlah tertentu dapat mengikuti jejaknya.

“Saya pikir sebagian besar orang Amerika dapat pensiun dalam 10 tahun atau kurang jika mereka menghasilkan setidaknya US$ 70.000 per tahun,” katanya.

Baca Juga: Simak tips investasi reksadana di masa pandemi Covid-19

Untuk mewujudkannya, mereka harus bersedia dan mampu secara konsisten menabung 50% hingga 70% dari pendapatan mereka.  Untuk mewujudkan itu, mungkin memerlukan perombakan besar-besaran dalam gaya hidup tetapi tidak harus membuat diri kita sendiri sengsara.

Nah untuk itu, Sabatier memberikan tiga tips untuk menuju kebebasan finansial dan pensiun dini.



Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.