KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Inflasi Desember 2020 diprediksi sebesar 0,42% mom


ILUSTRASI. Ekonom Bank Permata memprediksi Inflasi Desember 2020 sebesar 0,42% mom.

Reporter: Bidara Pink | Editor: Khomarul Hidayat

Kabarmagazine.com – JAKARTA. Bank Permata memprediksi inflasi di bulan Desember 2020 akan sebesar 0,42% mom. Inflasi ini meningkat bila dibandingkan dengan inflasi bulan November 2020 yang sebesar 0,28% mom.

“Peningkatan inflasi di bulan Desember 2020 didorong oleh peningkatan harga komoditas pangan akibat musim hujan sehingga supply dari produk tersebut terganggu,” ujar Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede kepada Kabarmagazine.com, Minggu (3/1).

Josua merinci beberapa komoditas pangan yang dimaksud, yaitu cabai rawit yang diperkirakan naik 36,53% mom dan cabai merah yang naik 22,34% mom.

Baca Juga: Melemah di akhir 2020, ini proyeksi pergerakan IHSG di awal tahun 2021

Selain dua komoditas tersebut, ada juga komoditas pangan lain yang naik harga antara lain beras yang naik 0,42% mom, daging sapi yang naik 0,51% mom, telur ayam naik 8,16% mom, dan bawang putih yang naik 1,6% mom.

Selain, karena peningkatan harga tersebut, peningkatan inflasi pada bulan Desember 2020 juga diduga didorong oleh kenaikan dari sisi permintaan secara umum. Ini tercermin dari inflasi inti yang diperkirakan sebesar 1,66% yoy.

Dengan perkembangan tersebut, Josua memprediksi, inflasi di keseluruhan tahun 2020 akan sebesar 1,66% yoy atau lebih rendah dari kisaran sasaran Bank Indonesia (BI) yang sebesar 2% – 4%.

“Rendahnya inflasi dipengaruhi oleh penurunan permintaan barang secara signifikan di awal hingga pertengahan tahun akibat pandemi yang mendorong penurunan daya beli masyarakat,” ujarnya.

Namun, di tahun 2021, Josua memperkirakan, inflasi akan kembali ke kisaran sasaran, dan akan tercatat sekitar 2% hingga 3%. Hal ini seiring dengan optimisme pemulihan ekonomi di tahun ini.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.