KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Awal tahun, pemerintah salurkan bantuan tunai hampir Rp 14 triliun


ILUSTRASI. Menteri Sosial Tri Rismaharini

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Anna Suci Perwitasari

Kabarmagazine.com – JAKARTA. Pemerintah menyalurkan bantuan tunai di awal tahun 2021 dengan nilai hampir Rp 14 triliun.

Angka tersebut dibagi dalam tiga jenis penyaluran bantuan. Antara lain adalah bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan sembako, dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

“Keseluruhan anggaran yang disalurkan bulan Januari sebesar Rp 13,93 triliun,” ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini saat peluncuran bantuan tunai di Istana Negara, Senin (4/1).

Bantuan tersebut akan disalurkan ke seluruh penerima di Indonesia. Pada bantuan PKH terdapat total 10 juta penerima dengan anggaran yang disalurkan sebesar Rp 7,17 triliun.

Baca Juga: ​Cair hari ini, cek penerima bansos tunai Rp 300 ribu di dtks.kemensos.go.id

Sementara untuk bantuan sembako akan diberikan dengan nilai Rp 200.000 per keluarga. Bantuan tersebut akan diberikan setiap bulan sepanjang tahun 2021.

“Kartu sembako pada bulan Januari akan disalurkan kepada 18,8 juta keluarga dengan jumlah anggaran Rp 3,76 triliun,” terang Risma.

Sedangkan untuk BST akan diberikan kepada 10 juta keluarga dengan besaran Rp 300.000 per keluarga per bulan selama Januari hingga April. Total anggaran pada Januari yang disalurkan sebesar Rp 3 triliun.

Penyaluran bantuan akan bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Bantuan PKH dan Kartu Sembako akan disalurkan melalui himpunan bank milik negara (Himbara).

Sementara BST akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia (Persero). Bantuan tersebut akan disalurkan langsung kepada alamat penerima bantuan.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.