KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Inflasi tahun 2020 terendah sejak BPS merilis data inflasi


ILUSTRASI. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, inflasi di sepanjang tahun 2020 sebesar 1,68% secara tahunan (yoy).

Reporter: Bidara Pink | Editor: Khomarul Hidayat

Kabarmagazine.com – JAKARTA. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, inflasi di sepanjang tahun 2020 sebesar 1,68% secara tahunan (yoy). Angka inflasi tersebut berada di bawah target sasaran inflasi yang sebesar 2% – 4%.

“Ini merupakan inflasi yang terendah sejak BPS merilis data inflasi,” ujar Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto, Senin (4/1).

Setianto menyebutkan, ada 10 komoditas yang memberikan andil inflasi di sepanjang tahun lalu. Emas perhiasan memegang andil paling tinggi, yaitu 0,26%.

Baca Juga: Di bawah target, BPS catat inflasi sepanjang 2020 sebesar 1,68%

Posisi kedua ada cabai merah yang memberikan andil kepada inflasi sebesar 0,16% dan disusul dengan minyak goreng yang memberi andil 0,10%.

Rokok kretek filter dan rokok putih masing-masing memberi andil pada inflasi sebesar 0,09%. Sementara daging ayam ras menyumbang 0,05% pada inflasi di sepanjang tahun 2020.

Lalu, telur ayam ras, ikan segar, nasi dengan lauk, serta uang kuliah akademik atau perguruan tinggi memberikan andil pada inflasi masing-masing sebesar 0,04%.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.