KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Pemerintah mulai salurkan 3 jenis bantuan tunai, apa saja?


ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Khomarul Hidayat

Kabarmagazine.com – JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah mulai menyalurkan bantuan tunai di awal tahun 2021. Terdapat 3 jenis bantuan yang disalurkan pada awal tahun 2021.

Yakni, bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan program sembako, dan bantuan sosial tunai (BST).

Ketiga bantuan tersebut disalurkan ke seluruh wilayah Indonesia. Jokowi berharap, adanya bantuan dapat menggenjot ekonomi Indonesia di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

“Kita harapkan juga bisa menjadi pemicu untuk menggerakkan ekonomi nasional kita, mengungkit ekonomi nasional kita, memperkuat daya beli masyarakat sehingga bisa membuat ekonomi nasional menjadi lebih baik,” ujar Jokowi saat peluncuran bantuan tunia di Istana Negara, Senin (4/1).

Baca Juga: Inilah tiga bansos yang akan disalurkan mulai hari ini

Nantinya bantuan PKH akan disalurkan sebanyak 4 tahap dalam kurun waktu per tiga bulan. Bantuan tersebut akan disalurkan langsung kepada keluarga penerima manfaat (KPM) melalui bank milik negara.

Sementara bantuan sembako disalurkan sebesar Rp 200.000 per KPM per bulan. Bantuan akan diserahkan sepanjang tahun 2021.

“Kemudian BST diberikan selama 4 bulan yakni bulan Januari, Februari, Maret, April nilainya Rp 300.000 per bulan per kepala keluarga,” terang Jokowi.

Jokowi berharap, bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik. Sehingga nantinya dapat membantu masyarakat dalam kondisi pandemi Covid-19 yang juga menekan ekonomi.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.