KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Publik berharap elit politik bahu membahu atasi dampak pandemi


ILUSTRASI. Hasil survei Litbang Kompas mengenai harapan masyarakat terhadap konsolidasi elite politik 2021.

Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

Kabarmagazine.com –  JAKARTA. Hasil survei Litbang Kompas mengenai harapan masyarakat terhadap konsolidasi elite politik 2021 menunjukkan bahwa 45,1% responden berharap tokoh politik ataupun pemerintah pusat dan daerah bahu membahu dalam mengatasi dampak multidimensi akibat pandemi Covid-19.

Hasil survei juga menunjukkan, sebanyak 27,8% responden berharap tokoh politik ataupun pemerintah pusat dan daerah turun ke daerah untuk berdialog dengan masyarakat.

Lalu, sebanyak 16,5% responden meminta tokoh politik ataupun pemerintah pusat dan daerah menjaga ketenangan dan stabilitas kondisi negara.

Sementara itu, proses konsolidasi juga tertuju bagi kepala daerah yang terpilih pada Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020. Sebanyak 51,2% responden menilai kerja sama para tokoh di daerah dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19 menjadi tugas utama.

Baca Juga: Survei Kompas, klaster ketenegakerjaan Omnibus Law UU Cipta Kerja lebih disukai

Lalu, 20,6% responden menilai tugas yang juga perlu dilakukan kepala daerah terpilih adalah dalam program pembangunan seperti pembangunan sekolah, jalan dan lain-lainnya.
Kemudian, sebanyak 18% responden menilai kepala daerah harus menata pelayanan publik. Peran kepala daerah terpilih sangat ditunggu masyarakat dalam penanganan Covid-19.

Ide dan gagasannya dibutuhkan untuk menyelesaikan persoalan kesehatan dan dampak pandemi Covid-19 sehingga memberikan dampak pada kehidupan masyarakat.

Survei Litbang Kompas ini dilakukan pada 21-23 Desember 2020. Wawancara dilakukan terhadap 519 responden dari 34 provinsi yang dipilih secara proporsional. Tingkat kepercayaan survei 95% dengan nirpencuplikan penelitian +- 4,30%. (Haryanti Puspa Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Mayoritas Publik Harap Elite Politik Bahu Membahu Atasi Dampak Pandemi”
 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.