KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Vaksin corona Sinovac serentak diterima sejumlah daerah Senin (4/1), ini rinciannya


ILUSTRASI. Vaksin corona sinovac mulai didistribusikan di sejumlah daerah. Senin (4/1), sejumlah daerah sudah menerima vaksin corona made in China itu. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

Kabarmagazine.com -JAKARTA. Presiden Joko Widodo menargetkan program vaksinasi corona atau Covid-19 bisa berjalan mulai 14 Januari 2021. Lebih cepat dari rencana vaksinasi corona yang semula akan dilaksanakan di 25 Januari 2021.

Lantaran itu pula, sejumlah daerah kini sudah menerima paket kiriman vaksin. Tercatat, ada 13 wilayah yang sudah menerima vaksin corona pada Senin, 4 Januari 2021 ini. 

Salah satunya adalah Provinsi Banten. Sebanyak  14.560 vaksin Sinovac sampai di Labkesda Provinsi Banten pada Minggu (3/1).  Jumlah ini masih jauh dari rencana 81.000 kuota vaksin tahap pertama untuk Provinsi Banten.

Baca Juga: Vaksinasi mulai 14 Januari 2021, ini cara daftar & verifikasi vaksinasi corona gratis

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan, rencana vaksinasi akan dilakukan pada 14 Januari 2021 di sejumlah kota/kabupaten di Banten. “Ini sesuai keinginan Presiden Jokowi bahwa tanggal 14 Januari vaksin pertama,” ujar Andika, Senin (4/1).

Sesuai sasaran penerima vaksinasi corona, pada tahap awal akan diberikan kepada tenaga kesehatan dan petugas penanganan COVID-19 di Provinsi Banten.

Menyusul dikirimkannya vaksin corona Sinovac, pendistribusian vaksin Sinovac ke masing-masing Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten akan dilakukan pekan depan. Hanya Andika belum menjelaskan pembagian masing-masing Kabupaten/Kota lantaran kewenangannya berada di Pemerintah Pusat.

Baca Juga: Distribusi vaksin sudah berjalan, Bio Farma tegaskan penggunaan tunggu izin BPOM

Kata Andika, dari 14.560 vaksin corona, pembagian masing-masing Kabupaten/Kota akan diatur dengan SMS gateway dari Pemerintah Pusat.  “Jadi masing-masing Kabupaten/Kota mendapatkan, datanya dari pusat,” ujar Andika.

Tak hanya Banten. Vaksin corona atau Covid-19 juga sudah sampai di Jawa Tengah.  Jawa Tengah menerima 62.560 dosis vaksin corona Sinovac Senin (4/1) dinihari.

Nantinya, 62.560 dosis ini akan disuntikkan ke tenaga kesehatan yang tersebar di berbagai daerah di Jateng.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, vaksin corona Sinovac disimpan di gudang Dinas Kesehatan Pemprov Jateng yang berlokasi di Kawasan Industri Tambakaji Semarang, Senin (4/1).

Proses vaksinasi corona ini akan dimulai 14 Januari mendatang.  Makanya, Jateng kini menyiapkan sistem distribusi ke daerah-daerah di Jateng.

Baca Juga: Antisipasi lonjakan pasien corona, pemerintah tambah kapasitas rumah sakit

“Istilahnya harus ada rantai dingin, mulai dari sini sampai ke Kabupaten/Kota, Puskesmas bahkan sampai ke orangnya harus menggunakan tempat khusus. Ini nggak boleh putus agar vaksinnya tidak rusak. Kami sudah siapkan pengelolaan dengan hati-hati sambil menunggu jadwal-jadwal kedatangan berikutnya,” jelas Ganjar.

Ganjar menargetkan 23 juta warga Jawa Tengah memperoleh vaksin corona dengan prioritas utama adalah tenaga kesehatan.

Kata Ganjar, tenaga kesehatan di Jateng sebanyak 177.784. Jika tahap ini kelar, berlanjut ke untuk petugas layanan public seperti seperti TNI/Polri, Satpol PP, petugas bandara, pelabuhan, KA, guru, tokoh agama, tokoh masyarakat sebanyak 1,1 juta.

Tahap ketiga vaksin corona akan menyasar sebanyak 11,4 juta warga, tahap keempat untuk masyarakat umum lainnya sebanyak 6,04 juta serta masyarakat lain termasuk pelaku ekonomi 4,5 juta.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 dijadwalkan minggu depan, ini yang masih di tunggu

“Sudah ada tabelnya dari 35 Kabupaten/Kota penerima vaksin ini. Terbanyak Semarang, Solo dan Banyumas. Itu yang rata-rata jumlahnya di atas 10.000 dosis,” ujar  Ganjar.

Selain Jateng dan Banten, vaksin corona Sinovac  juga telah diterima Pemprov Jambi adalah 20.000 boks vaksin Sinovac.

Selain tiga daerah tersebut, ada 9  provinsi lain  yang juga sudah menerima vaksin corona made in Sinovac yakni Sumatera Barat (36.920 dosis) Sumatera Selatan (30.000 dosis) Bengkulu (20.280 dosis) Lampung (40.520 dosis), Jawa Timur (77.760 dosis) Bali (31.000 dosis) Kalimantan Utara (10.680 dosis) Sulawesi Barat (5.960 dosis) dan Papua (14.680 dosis).

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.