KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Kata pemerintah atas ketetapan MA soal kerugian anak usaha BUMN/BUMD


ILUSTRASI. Staf Khusus Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga

Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Yudho Winarto

Kabarmagazine.com – JAKARTA. Mahkamah Agung (MA) menerbitkan Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) nomor 10 tahun 2020 tentang pemberlakuan rumusan hasil rapat pleno kamar Mahkamah Agung tahun 2020 sebagai pedoman pelaksanaan tugas bagi pengadilan.

SEMA yang ditandatangani oleh Ketua MA Muhammad Syarifuddin tersebut, berisi enam rumusan hukum. Yakni rumusan kamar pidana, rumusan kamar perdata, rumusan kamar agama, rumusan kamar militer, rumusan kamar tata usaha negara dan rumusan kamar kesekretariatan.

Khusus rumusan kamar pidana, terdapat lima poin. Salah satunya adalah terkait kerugian anak perusahaan BUMN/BUMD bukan termasuk kerugian keuangan negara.

Namun, setidaknya harus ada tiga syarat yang terpenuhi untuk menyebut bahwa hal tersebut bukan termasuk kerugian keuangan negara.

Baca Juga: MA: Kerugian anak usaha BUMN/BUMD bukan kerugian negara, tapi ada 3 syarat

“Kerugian yang timbul pada anak perusahaan BUMN/BUMD yang modalnya bukan bersumber dari APBN/APBD atau bukan penyertaan modal dari BUMN/BUMD dan tidak menerima/menggunakan fasilitas negara, bukan termasuk kerugian keuangan negara,” bunyi poin nomor 4 Rumusan Kamar Pidana yang dikutip Kabarmagazine.com dari website MA, Senin (4/1).

Menanggapi hal itu, Staf Khusus Kementerian BUMN, Arya Sinulingga menyambut baik adanya pengaturan tersebut. Dengan demikian, ada batasan yang jelas, mana yang disebut sebagai kerugian negara dan mana yang tidak.

Arya optimistis, adanya pengaturan tersebut membuat anak perusahaan BUMN dapat melakukan aksi – aksi korporasi lebih lincah untuk mengembangkan bisnisnya. Selain itu, diyakini akan semakin banyak SDM unggul yang mau mengembangkan anak perusahaan BUMN.

Ia menyebut, sebagian besar anak perusahaan BUMN terbilang mandiri. Bahkan, banyak berkontribusi terhadap BUMN-nya sendiri dengan memberikan dividen bagi BUMN-nya.

“Ini adalah langkah positif bagi kita, ada kepastian hukum bagi kawan-kawan BUMN dan anak perusahaan BUMN,” kata Arya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.