KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Ini tanda-tanda Anda tergolong orangtua narsis, efeknya buruk untuk anak


Kabarmagazine.com – Orangtua yang memiliki sifat narsis atau narsistik memiliki pola asuh yang berdampak buruk pada anak. 

Mengutip dari Forbes, anak yang tumbuh dengan orangtua narsis biasanya rendah diri. Anak-anak cenderung berpikiran bahwa mereka tidak cukup baik dalam hal apapun. 

Kondisi ini bisa berpengaruh buruk pada kesehatan mental mereka dan sosial. Pola asuh dari orangtua narsis berdampak pada cara anak berkomunikasi dan berpikir. 

Secara tidak sadar beberapa orangtua masuk dalam kategori narsistik. 

Ada baiknya Anda sadar tanda-tanda dari jenis orangtua ini. Hal ini bisa mencegah agar pola asuh Anda tidak berpengaruh buruk pada anak. 

Baca Juga: Catat! Inilah jadwal terbaru dan jenis imunisasi untuk anak dari IDAI

Berikut tanda-tanda orangtua narsis yang perlu Anda ketahui. Daftar di bawah ini dihimpun dari Psychology Today dan Medium:

Orangtua yang narsistik cenderung memanfaatkan anak untuk ememnuhi hasrat pribadi. Mereka membentuk dan mengarahkan anak untuk memenuhi impian orangtua. 

Orangtua narsis cenderung mengabaikan keinginan dan pendapat anak. Apa yang dirasakan dan diinginkan orangtua merupakan hal yang mutlak. Akibatnya perasaan dan keinginan anak tidak dipertimbangkan. 

Secara tidak sadar Anda menganggap rendah anak. Orangtua cenderung membangun sebuah pemikiran palsu dimana orangtua selalu benar. 

Orangtua menganggap anak lebih rendah dibanding mereka. Segala bentuk pendapat dianggap tidak benar selain pendapat orangtua. 

Pemikiran ini mengarah pada perilaku egoistis dan superioritas.  

Baca Juga: Kenali 6 ciri-ciri awal autisme pada anak, orangtua perlu tahu



Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.