KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Kapasitas rumah sakit untuk rawat pasien Covid-19 di 9 provinsi ini melebihi 70%


ILUSTRASI. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito

Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

Kabarmagazine.com –  JAKARTA. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan, ada sembilan provinsi dengan kapasitas rumah sakit (RS) yang sudah melebihi 70% untuk perawatan pasien Covid-19.

Sembilan provinsi itu yakni DKI Jakarta (84,74%), Banten (84,52%), DIY (83,36%), Jawa Barat (79,77%), Sulawesi Barat (79,31%), Jawa Timur (78,41%).

“Kemudian Jawa Tengah 76,27%, Sulawesi Selatan 72,40% dan Sulawesi Tengah 70,59%. Ini harusnya menjadi peringatan bagi semua pihak,” ujar Wiku dikutip dari siaran pers Tim Komunikasi Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Rabu (6/1/2021).

“Bahwa Indonesia sedang dalam keadaan darurat yang ditandai dengan ketersediaan tempat tidur yang semakin berkurang jumlahnya,” lanjutnya menegaskan.

Baca Juga: Jokowi targetkan waktu vaksinasi Covid-19 kurang dari satu tahun

Adapun data di atas dirangkum pemerintah hingga 2 Januari 2021.

Menurut Wiku, jika dilihat pada tren perkembangannya, keterisian ruang ICU dan isolasi secara nasional cenderung semakin meningkat.

Meski masih ada sisa tempat tidur, dia mengingatkan bahwa belum tentu semua bisa digunakan oleh pasien yang membutuhkan perawatan.

Penyebabnya, saat ini tenaga kesehatan di rumah sakit juga mengalami keterbatasan. Dari data yang ada, Wiku menyebut bahwa hingga saat ini sudah tercatat ada 237 dokter yang meninggal.

Baca Juga: Jangan melakukan tes swab / rapid test antigen sendiri, ini risikonya

“Tren dokter yang meninggal cenderung mengalami peningkatan dan terutama terjadi pada Desember 2020,” ungkap Wiku.

Dia menekankan apabila masyarakat terus abai dan tidak menerapkan disiplin protokol kesehatan yang ketat, maka fasilitas kesehatan yang ada tidak akan cukup untuk menangani kasus-kasus baru.

“Satu-satunya cara adalah dengan mencegah penularan dan menjalankan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” tambah Wiku. (Dian Erika Nugraheny)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Satgas: Kapasitas RS untuk Rawat Pasien Covid-19 di 9 Provinsi Sudah Melebihi 70 Persen”

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.