KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Gejala dan penyebab benjolan di telinga ini perlu Anda ketahui


Kabarmagazine.com – JAKARTA. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan benjolan di telinga. Mulai dari infeksi, trauma, peradangan, hingga tumor. Seiring berjalannya waktu, ukuran benjolan dapat bertambah, tapi tak menutup kemungkinan bahwa ukurannya bisa tetap sama.

Health Grades (healthgrades.com) mengatakan bahwa benjolan lunak yang muncul di belakang telinga bisa disebabkan karena mastoiditis. Mastoiditis adalah infeksi pada tulang mastoid yang dapat menimbulkan rasa sakit.

Benjolan di sekitar area telinga juga bisa muncul dalam bentuk abses dan bisul. Gigitan serangga hingga kecelakaan parah menghasilkan penggumpalan darah lokal di satu jaringan. Umumnya, benjolan bisa hilang sendiri jika penyebabnya tidak terlalu serius.

Namun, Anda perlu waspada jika benjolan disebabkan karena kondisi kesehatan tertentu dan ukurannya semakin besar. Segera periksakan diri ke dokter supaya mendapat perawatan yang tepat. Benjolan bisa diangkat dengan biopsi atau jenis operasi medis lain sesuai dengan kondisi Anda.

Baca Juga: Gejala dan penyebab benjolan di kaki ini perlu Anda ketahui

Gejala Benjolan di Telinga

Benjolan yang muncul di telinga Anda disertai dengan berbagai gejala lain sesuai dengan penyebabnya. Mengutip dari Health Grades, beberapa gejala yang bisa Anda alami adalah munculnya rasa gatal, nanah, kemerahan, dan rasa sakit.

Dalam beberapa kasus, benjolan juga mengganggu sistem tubuh Anda. Saat Anda memiliki benjolan, bukan tidak mungkin Anda mengalami sakit kepala, demam batuk, sakit tenggorokan, hidung berair, berat badan turun tanpa sebab, dan lain sebagainya.

Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, apalagi jika Anda pingsan, mengalami kebingungan, halusinasi, dan delusi, serta pendarahan. Jika terus dibiarkan, kondisi kesehatan Anda akan memburuk. Misalnya, infeksi atau kanker menyebar atau kehilangan kemampuan mendengar.

Baca Juga: Anda mengalami sakit leher? Ini penyebab dan cara mencegahnya

Penyebab Benjolan di Telinga

Seperti yang telah dikatakan, ada banyak penyebab munculnya benjolan di bagian telinga Anda. Beberapa penyebab yang bisa Anda alami adalah kepala yang terluka atau mengalami kecelakaan, gigitan serangga, dan hematoma.

Kanker dan pertumbuhan tumor, baik jinas atau ganas, dapat pula menyebabkan hal yang sama. Beberapa jenis tumor yang dimaksud adalah fibroma, lipoma, nevi, melanoma, dan lain sebagainya. Supaya bisa mendapat perawatan yang sesuai, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

Jangan mencoba mengobati benjolan sendiri tanpa pantauan dokter karena bisa menimbulkan efek samping dan memperparah kondisi Anda. Selain itu, usahakan untuk segera dan tidak menunda jadwal konsultasi dengan dokter bila merasakan gejala-gejala yang telah disebutkan.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.