KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Hentikan kebiasaan ini agar terhindar dari infeksi Virus Corona


Kabarmagazine.com – JAKARTA. Selama pandemi Virus Corona, ada banyak kebiasaan baru yang bisa menjaga kesehatan dan menghindarkan Anda dari penularan Covid-19. Mulai dari menjaga jarak dan tidak berkerumun dengan banyak orang, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Namun, pencegahan Covid-19 tidak berhenti sampai di situ. Ada banyak hal lain yang perlu Anda lakukan supaya tak terinfeksi Virus Corona. Salah satunya adalah mengehntikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang memperbesar risiko transmisi virus.

Mengutip dari Best Life (bestlifeonline.com), kebiasaan berbagi makan dan memakai alat makan yang sama perlu Anda hentikan segera. Hal tersebut dapat memperbesar kemungkinan perpindahan kuman dari satu orang ke orang lainnya.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Emerging Infectious Disease, memakai alat makan yang sama dengan orang lain meningkatkan risiko penularan Covid-19 sebanyak tiga kali lipat. Selain kebiasaan tersebut, ada kebiasaan lain sebaiknya tak Anda lakukan.

Baca Juga: Ini beda sakit tenggorokan biasa dengan infeksi virus corona

Mengupil

Mengupil adalah kebiasaan yang perlu Anda kurangi karena bisa mengantarkan Virus Corona yang menempel di jari Anda masuk ke tubuh. Kulit hidung bagian dalam lebih lembut daripada kulit bagian luar. Artinya, area tubuh Anda itu lebih mudah untuk terluka.

Saat terluka dan Anda memasukkan jari ke hidung, mikroskopik berbahaya bisa masuk ke aliran darah dengan mudah. Jika Anda ingin membersihkan kotoran hidung, Anda perlu mencuci tangan dengan sabun dan air supaya kebersihannya terjaga.

Baca Juga: Kasus corona naik pesat, yuk perkuat daya tahan tubuh dengan 7 buah ini

Menggigit Kuku

Best Life mengatakan bahwa sebaiknya Anda tak meneruskan kebiasaan menggigit kuku, apalagi saat pandemi Virus Corona. Mirip seperti poin sebelumnya, menggigit kuku memperbesar kemungkinan Virus Corona masuk ke tubuh melalui mulut.

Menyentuh Wajah

Selain kebiasaan-kebiasaan di atas, menyentuh wajah juga dapat meningkatkan risiko tertular Covid-19 dan hal itu masih sering dilakukan oleh banyak orang. Biasanya, kebiasaan itu terjadi karena gerak refleks. Jadi, Anda perlu menyadarinya dan berusaha semaksimal mungkin supaya kebiasaan itu bisa berhenti dan tak terjadi lagi.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.