KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Vaksinasi sulit berjalan lancar jika penularan corona masih tinggi


ILUSTRASI. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito

Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Khomarul Hidayat

Kabarmagazine.com – JAKARTA. Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito mengajak semua masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan selama pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali. Sebab, penularan corona yang masih tinggi akan berdampak pada program vaksinasi yang akan dilakukan.

Wiku mengatakan, vaksinasi merupakan salah satu lapisan proteksi yang akan dilakukan. Selain itu, masih ada lapisan proteksi lainnya seperti penerapan 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan), pelaksanaan 3T (testing, tracing, treatment) dan perilaku masyarakat yang membaik.

“Lapisan-lapisan itu adalah memperkuat kita, jadi pada saat kita melakukan vaksinasi tapi penularannya tinggi, maka akan sulit vaksinasi berjalan lancar,” kata Wiku dalam talkshow Implementasi PPKM Jawa-Bali: Kesiapan Pemerintah DI Yogyakarta dan Jawa tengah, Kamis (7/1).

Baca Juga: Pembatasan kegiatan di Jawa Bali bisa kurangi lebih dari 20% kasus corona aktif

Oleh karena itu, lanjut Wiku, penularannya harus ditekan. Penularan yang ditekan ini punya implikasi besar. Sebab, munculnya strain baru virus corona karena tingkat penularan tinggi. Hal ini yang membuat virus berusaha menyesuaikan diri.

Namun, jika tidak terjadi penularan, maka virus tidak bisa melakukan penyesuaian diri. Maka dengan menekan penularan, penerapan 3M dengan ketat dan PPKM seperti ini diharapkan dapat menekan penularan dan membuat semua kondisi terkendali.

“Sehingga vaksinasi bisa berjalan dengan baik,” kata Wiku.

Wiku juga meminta aspek kesehatan dan aspek ekonomi tidak usah dikonflikkan. Sebab, investasi kesehatan adalah juga untuk investasi ekonomi.

“Investasi ekonomi membutuhkan kesehatan. Bagaimana orang yang tidak sehat bisa melakukan aktivitas ekonomi, kan tidak bisa. Jadi jangan dikonflikkan, kita bekerjasama dan ini adalah investasi awal,” tutur Wiku.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.