KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Mengenal 5 rempah-rempah khas Indonesia yang bisa jaga imunitas tubuh


Kabarmagazine.com – Rempah-rempah asal Indonesia terkenal akan khasiatnya yang beragam. Negara kita memiliki berbagai jenis rempah-rempah yang dicari oleh banyak negara terutama Eropa.

Tidak heran, bangsa Eropa dulunya ingin memonopoli perdagangan rempah asal Indonesia. 

Merangkum dari Instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), ada lima jenis rempah khas Indonesia yang populer, baik di dalam maupun di luar negeri. 

Kelima rempah-rempah tersebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Karena banyak membawa manfaat bagi tubuh, rempah-rempah bisa membantu menjaga imunitas tubuh. 

“Yuk, tetap sehat dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan menjaga imunitas, salah satunya dengan mengonsumsi rempah-rempah,” sebut Kemdikbud di Instagram (8/1/2021). 

Baca Juga: 7 Sekolah kedinasan ini bisa jadi pilihan melanjutkan pendidikan setelah lulus SMA

Simak lima rempah-rempah Indonesia yang memiliki segudang manfaat dirangkum dari Instagram Kemdikbud:

rempah-rempah Indonesia

Kunyit merupakan rempah yang sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia. Rempah ini sering digunakan sebagai salah satu bumbu masak atau pewarna alami.

Selain menyedapkan makanan dengan warnanya yang menarik, kunyit memiliki beragam khasiat. Kandungan senyawa kurkumin pada kunyit ternyata memiliki efek antiradang.

Kandungan ini bahkan bisa bersanding dengan obat antiradang lainnya. Kurkumin juga bisa membantu tubuh meningkatkan enzim anti-oksidan yang berfungsi melawan kerusakan oksidatif. 

Selain meningkatkan anti-oksidan, kurkumin pada kunyit juga membantu mencegah Alzheimer, meningkatkan fungsi otak, dan meredakan radang sendi.  

Baca Juga: Ragam sistem imunitas pada manusia, dari alami hingga buatan

rempah-rempah Indonesia

Sering melihat donat yang ditaburi bubuk cinnamon atau kayu manis dan gula? Kayu manis memang sering digunakan untuk menambah aroma pada kue atau masakan lainnya. 

Rempah asal Indonesia ini juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Senyawa cinnamaldehyde pada kayu manis bisa membantu melawan peradangan dan menurunkan kolesterol. 

Kandungan antioksidan pada kayu manis juga bisa menurunkan trigliserida pada darah. 



Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.