KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Penambahan kasus corona capai 10.000 kasus, mobilitas warga diminta diperketat


ILUSTRASI. REKOR PENAMBAHAN KASUS CORONA.

Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Yudho Winarto

Kabarmagazine.com – JAKARTA. Kasus baru corona di Indonesia belum terlihat tanda-tanda bakal mereda. Sebaliknya, penambahan kasus baru corona terus catatkan rekor.

Melansir laman Covid19.go.id, hingga Jumat (8/1) ada tambahan 10.617 kasus baru yang terinfeksi corona di Indonesia, sehingga total menjadi 808.340 kasus positif.

Pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah meminta pemerintah melakukan pengamatan mobilitas masyarakat secara ketat. Ia menilai selama ini aspek pengawasan masih dinilai lemah.

“Seharusnya pengawasannya ketat,” kata Trubus ketika dihubungi, Jumat (8/1).

Kemudian, penegakan law enforcement harus lebih tegas terhadap para pelanggar protokol kesehatan.

Pemerintah daerah harus memaksimalkan pelaksanaan peraturan daerah, peraturan gubernur, peraturan walikota atau peratiran bupati terkait disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan.

“Perda pergub perwali perbup itu harus ditegakkan semua,” ucap dia.

Baca Juga: Catatkan rekor 3 hari beruntun, kasus corona tambah 10.617 hari ini

Yang tak kalah pentingnya, Trubus menilai perlunya partisipasi publik karena ini jadi salah satu upaya mencegah penularan semakin meluas. Pemerintah juga terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai kebijakan yang diambil dalam penanganan corona.

“Perlu dilakukan juga monitoring evaluasi, harus dilakukan” terang dia.

Trubus meminta kolaborasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah ditingkatkan. Perlu adanya juga konsistensi kebijakan dalam penanggulangan corona di setiap daerah.

“Selama ini kan kebijakan inkonsistensi, Jakarta menerapkan PSBB transisi, Jawa Barat menerapkan PSBB skala komunitas dan mikro. Harus jelas, kalau mau menerapkan, terapkan semua. Seluruhnya ketat,” kata dia.

Lebih lanjut Trubus mendorong agar Satgas covid-19 di daerah memaksimalkan perannya. “Satgas di daerah dimaksimalkan agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan dengan konsisten. Ini harus ditingkatkan kualitasnya,” tutur Trubus.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.