KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Ada 56 penumpang dan 6 awak kabin di pesawat Sriwijaya Air yang hilang kontak


ILUSTRASI. Sriwijaya Air SJ 182 lepas landas pukul 14.36 WIB dan dinyatakan hilang kontak pada 14.40 WIB hari ini

Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

Kabarmagazine.com – JAKARTA. PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Supadio Pontianak menyiapkan crisis center untuk mendata penumpang pesawat Sriwijaya Air dengan rute Jakarta-Pontianak dinyatakan hilang kontak. Distrik Manajer Sriwijaya Air Pontianak Faisal Rahman menyebut, ada 62 jiwa yang berada di dalam pesawat.

Jumlah tersebut terdiri dari 56 penumpang dan enam awak kabin, seperti pilot dan pramugari. “Di dalam pesawat ada 62 jiwa. Kru pesawat 6 orang. Sisanya penumpang,” kata Faisal, kepada wartawan, Sabtu (9/1). Faisal belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut terkait hilang kontaknya pesawat Sriwijaya Air.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak hilang kontak setelah empat menit lepas landas dari Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang. 

Budi memaparkan, Sriwijaya Air SJ 182 lepas landas pukul 14.36 WIB dan dinyatakan hilang kontak pada 14.40 WIB hari ini. “Bahwa telah terjadi lost contact pesawat udara Sriwijaya rute Jakarta-Pontianak dengan call sign SJY 182. Terakhir terjadi kontak pada pukul 14.40 WIB,” kata Budi dalam konferensi pers dari Bandara Soetta, Sabtu (9/1). 

Baca Juga: Menhub: Sriwijaya Air SJ 182 hilang kontak setelah 4 menit lepas landas

Menurut catatan, pesawat sempat diizinkan naik ke ketinggian 29.000 kaki pada pukul 14.37 WIB. Setelah itu, pesawat terpantau tidak sesuai dengan arah perjalanan. 

Selanjutnya, pesawat hilang dari radar. “Karena itu ditanya ATC untuk melaporkan arah pesawat. Dalam hitungan second target SJY82 hilang dari radar,” ujar Budi. 

Budi menyatakan, saat ini pihak-pihak terkait telah berkoordinasi. Ia mengatakan, upaya pencarian akan dimaksimalkan. Menurut Budi, saat ini Basarnas telah mengerahkan kapal ke titik lokasi dugaan jatuhnya pesawat. “Pukul 17.30 Bapak Presiden memberikan arahan untuk memaksimalkan upaya pencarian dan tentu sudah dikerahkan Kapal Basarnas,” ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ada 56 Penumpang dan 6 Awak Kabin di Pesawat Sriwijaya Air yang Hilang Kontak.
Penulis: Kontributor Pontianak, Hendra Cipta
Editor: Robertus Belarminus

Baca Juga: Basarnas: Fokus kita malam ini mencari lokasi di mana pesawat Sriwijaya Air jatuh

Baca Juga: Posko pencarian pesawat Sriwijaya Air yang hilang kontak didirikan di JICT 2

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.