KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Catat, inilah beberapa efek samping vaksin virus corona


Kabarmagazine.com – Program vaksinasi Covid-19 bakal segera pemerintah mulai. Dikutip Kabarmagazine.com, Senin (11/1), Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjamin, vaksin virus corona yang akan digunakan aman lantaran telah melalui serangkaian proses pengujian. 

Vaksinasi Covid-19 akan membantu melindungi seseorang dari infeksi virus corona. 

Meski demikian, kemungkinan akan ada beberapa efek samping, yang merupakan tanda normal bahwa tubuh sedang membangun perlindungan terhadap virus corona setelah disuntik vaksin Covid-19. 

Efek samping ini dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari, tetapi akan hilang dalam beberapa hari.

Baca Juga: Semakin parah, China catat kasus harian corona tertinggi dalam lima bulan

Efek samping yang umum dari vaksin Covid-19

Dirangkum dari laman resmi Centers for Disease Control and Prevention (CDC), berikut sejumlah efek samping dari vaksin Covid-19: 

Efek samping di lengan atau bagian tubuh tempat vaksin Covid-19 disuntikan: 

Efek samping vaksin Covid-19 di seluruh tubuh:

  • Demam
  • Panas dingin
  • Kelelahan
  • Sakit kepala

Baca Juga: Vaksinasi vaksin Covid-19 mulai pekan ini, 4 kelompok ini dilarang divaksin

Selain itu, efek samping dari vaksin Covid-19 juga dapat menimbulkan flu atau demam sehingga dapat mempengaruhi seseorang dalam melakukan aktivitas sehari-hari. 

Namun, efek samping tersebut akan hilang dalam waktu beberapa hari. Selain itu, agar dapat berfungsi, sebagian besar diperlukan dua kali suntikan vaksin Covid-19. 

Butuh waktu bagi tubuh untuk membangun perlindungan setelah vaksinasi apa pun. Vaksin Covid-19 yang membutuhkan dua kali suntikan mungkin tidak melindungi seseorang dari infeksi virus corona sampai satu atau dua minggu setelah suntikan kedua.

Untuk itu, penting bagi semua orang termasuk yang telah disuntik vaksin Covid-19 untuk terus mematuhi protokol kesehatan agar mencegah penularan virus corona. 

Baca Juga: Menkes: Besok, 15 juta dosis bahan baku vaksin Covid-19 dari Sinovac tiba

Cara mengurangi efek samping vaksin Covid-19

Untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan setelah disuntik vaksin Covid-19 maka bisa mengoleskan waslap bersih, dingin, dan basah ke area tersebut. Selain itu, gerakkan lengan Anda untuk mengurangi nyeri. 

Sementara jika Anda demam, maka bisa meminum banyak cairan untuk memperbaiki kondisi tubuh. 

Anda juga dapat mengunjungi dokter jika kemerahan atau nyeri di lengan atau bagian tubuh yang mendapat suntikan meningkat setelah 24 jam. 

 



Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.