KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Indeks keyakinan konsumen bulan Desember 2020 menguat ke 96,5


ILUSTRASI. BI merilis, indeks keyakinan konsumen (IKK) bulan Desembe naik

Reporter: Ratih Waseso | Editor: Anna Suci Perwitasari

Kabarmagazine.com – JAKARTA. Bank Indonesia melaporkan, keyakinan konsumen pada bulan Desember 2020 kembali membaik. Berdasarkan survei konsumen BI, hal tersebut terlihat dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada akhir tahun lalu yang berada di level 96,5.

Asal tahu saja, realisasi ini naik dari IKK bulan November 2020 yang berada di posisi 92,0.

“Survei Konsumen Bank Indonesia pada Desember 2020 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi menguat, mendekati zona optimis,” kata BI dalam laporan yang diterima Kabarmagazine.com, Senin (11/1).

Pada Desember 2020, IKK mengalami kenaikan pada seluruh kategori tingkat pengeluaran responden, terutama responden dengan pengeluaran Rp 4,1 juta sampai Rp 5 juta per bulan. Sementara itu, dari kelompok usia, kenaikan IKK juga terjadi pada mayoritas kelompok usia, terutama responden berusia 20-30 tahun.

Baca Juga: Pembatasan aktivitas Jawa-Bali diterapkan, begini reaksi Kadin

Bila ditinjau secara spasial, keyakinan konsumen pada Desember 2020 tercatat meningkat di 14 kota yang menjadi cakupan pelaksanaan survei, dengan kenaikan tertinggi terjadi di Kota Bandar Lampung naik 10,2 poin, diikuti DKI Jakarta naik 9,1 poin dan Denpasar naik 9,0 poin.

Membaiknya keyakinan konsumen pada Desember 2020 didorong oleh menguatnya persepsi terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi ke depan.

Adapun, persepsi terhadap kondisi ekonomi saat ini membaik didukung oleh aspek ketersediaan lapangan kerja, penghasilan, dan ketepatan waktu pembelian barang tahan lama. Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan meningkat, utamanya terhadap ketersediaan lapangan kerja.

Di sisi lain, Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) juga naik menjadi sebesar 68,6, di mana bulan sebelumnya sebesar 60,1. Walau naik, posisi ini masih berada pada area pesimis, karena ada di bawah 100. 

Sementara ltu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan juga terpantau menguat, tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) bulan Desember 2020 yang tercatat sebesar 124,3 atau meningkat dibandingkan 123,9 pada bulan sebelumnya.

Baca Juga: Survei DRI: Kepercayaan konsumen meningkat pada Desember 2020

Kemudian, dilihat secara triwulanan IKK pada triwulan IV tahun 2020 sebesar 89,2, meningkat dari 85,5 pada triwulan sebelumnya.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.