KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Izin vaksin corona Sinovac keluar, Jokowi akan divaksin besok


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Khomarul Hidayat

Kabarmagazine.com – JAKARTA. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan divaksinasi virus corona (Covid-19) pada Rabu (13/1). Vaksinasi diberikan setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) vaksin corona produksi Sinovac.

“Mengenai vaksinasi, Insya Allah kita akan mulai di hari Rabu dan akan dimulai oleh Presiden,” ujar Budi saat konferensi pers di Kantor Presiden, Senin (11/1).

Baca Juga: Ringan hingga sedang, begini efek samping vaksin virus corona Sinovac

Sebagai informasi, BPOM juga telah memberikan EUA kepada vaksin Covid-19 produksi Sinovac yang bekerja sama dengan PT Bio Farma. EUA diberikan dengan mempertimbangkan hasil uji klinis tahap ketiga di Bandung, Turki, dan Brasil.

Berdasarkan data yang ada, vaksin Sinovac yang disebut Coronavac tersebut aman dan memiliki tingkat efikasi di atas ambang batas Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebesar 50%. Efikasi vaksin Sinovac berdasarkan data uji klinis tahap ketiga di Bandung sebesar 65,3%, sementara di Turki 91,25%, dan di Brazil 78%.

“Pada Senin 11 Januari 2021, BPOM memberikan persetujuan EUA bagi vaksin Covid-19 yg pertama kali kepada Sinovac yang bekerja sama dengan PT Bio Farma,” terang Kepala BPOM Penny Lukito di tempat terpisah.

Selain BPOM, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah memberikan fatwa kehalalan bagi vaksin Sinovac. Vaksinasi diharapkan dapat menekan angka penularan Covid-19 dan mengakhiri masa pandemi Covid-19.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.