KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Kasus suap Juliari Batubara, KPK geledah dua lokasi


ILUSTRASI. uliari P Batubara mengenakan rompi oranye menaiki mobil tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Minggu (6/12/2020).

Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

Kabarmagazine.com – JAKARTA. Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan penggeledahan dalam kasus dugaan suap mantan Menteri Sosial Juliari Batubara, Senin (11/1) hari ini. 

“Terkait penyidikan dugaan korupsi di Kemensos dengan tersangka JPB (Juliari) dan kawan-kawan, hari ini, Senin (11/1), tim Penyidik KPK melakukan penggeledahan di dua lokasi,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Senin. Dua lokasi yang digeledah itu adalah kantor PT Mesail Cahaya Berkat yang beralamat di SOHO Capital Podomoro City, Jalan Letjen S Parman, Jakarta. 

Kemudian, kantor PT Junatama Foodia yang beralamat di Metropolitan Tower, Jalan RA Kartini, Jakarta. “Hingga saat ini kegiatan penggeledahan masih berlangsung,” ujar Ali. 

Pada Jumat (8/1), penyidik mengamankan dokumen terkait kontrak dan penyediaan sembako saat menggeledah kantor PT ANM dan PT FMK di Gedung Patra Jasa, Jakarta Selatan. 

Baca Juga: Pengamat: Data bansos harus diperbaiki agar tak jadi peluang korupsi

Dalam kasus ini, Juliari diduga telah menerima uang sebesar Rp 17 miliar yang kemudian digunakan untuk keperluan pribadinya. Uang tersebut diduga didapat dari fee setiap paket pekerjaan yang harus disetorkan para rekanan kepada Kementerian Sosial sebesar Rp 10.000 per paket bansos senilai Rp 300.000. 

Selain Juliari, KPK telah menetapkan empat tersangka lain dalam kasus ini yaitu Matheus Joko Santoso dan Adi Wahyono selaku pejabat pembuat komitmen (PPK) di Kementerian Sosial serta Ardian I M dan Harry Sidabuke selaku pihak swasta.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kasus Suap Juliari Batubara, KPK Geledah 2 Lokasi.
Penulis: Ardito Ramadhan
Editor: Krisiandi

Baca Juga: KPK awasi bantuan sosial yang kini disalurkan secara tunai

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.