KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Kemendag akan fokus menyelesaikan 11 negosiasi perjanjian dagang pada 2021


ILUSTRASI. Suasana bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (15/9/2020).Kemendag akan fokus menyelesaikan 11 negosiasi perjanjian dagang pada 2021.

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

Kabarmagazine.com – JAKARTA. Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengatakan akan fokus menyelesaikan berbagai negosiasi perjanjian dagang yang masih berlangsung di tahun ini.

“Terdapat sekitar 11 on-going negotiations yang akan kami lakukan, salah satunya yang paling besar dengan EU-Indonesia CEPA, yang sedang masuk dalam ronde ke-10 perundingan yang, rencananya dalam waktu dekat ini akan kami lakukan perundingannya,” ujar Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Senin (11/1).

Jerry juga mengatakan terdapat negosiasi dengan berbagai negara lain dalam forum bilateral seperti dengan Turki, Pakistan, Bangladesh, Iran, Tunisia dan lain sebagainya.

Bila dirinci, negosiasi yang masih berlangsung yakni Indonesia-European Union CEPA, Indonesia-Turkey CEPA, Indonesia-Pakistan TIGA, Indonesia-Bangladesh PTA, Indonesia-Tunisia PTA, Indonesia-Iran PTA, Indonesia Mauritius PTA.

Ada pula Indonesia-Morocco PTA, ASEAN Economic Community (AEC), Review ASEAN-India FTA (AIFTA), serta Review ASEAN-Australia-New Zealand FTA.

Sementara itu, Jerry membeberkan beberapa perjanjian dagang yang sudah berlaku tahun lalu. Beberapa diantaranya seperti Indonesia-Australia CEPA yang diimplementasi pada 5 Juli 2020, ASEAN-Hongkong, China FTA & Investment Agreement yang diimplementasi pada 4 Juli 2020, juga ASEAN Trade in Goods Agreement (ATIGA) yang berlaku pada 20 September 2020.

Ada juga perjanjian dagang yang sudah berhasil diselesaikan di 2020 yakni RCEP pada 15 November, Indonesia-Korea CEPA pada 18 Desember.

“Tentunya kami baru-baru ini sudah mengawal  proses ratifikasi yang sedang dilakukan dan akan dilakukan, salah satunya yang dalam dalam waktu dekat ini Indonesia-EFTA CEPA yang akan menunggu referendum ratifikasinya di Swiss dan juga Indonesia-Mozambique PTA,” terang Jerry.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.