KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Kepercayaan konsumen naik baik di pedesaan maupun perkotaan


ILUSTRASI. Indeks kepercayaan konsumen (IKK) di desa dan perkotaan pada bulan Desember naik

Reporter: Bidara Pink | Editor: Anna Suci Perwitasari

Kabarmagazine.com – JAKARTA. Kepercayaan konsumen kembali meningkat pada akhir tahun 2020 lalu. Ini terlihat dalam survei Danareksa Research Institute (DRI), di mana Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) bulan Desember 2020 berada di level 82,7 atau naik 6,0% dari bulan sebelumnya. 

“Kepercayaan konsumen meningkat baik di pedesaan maupun perkotaan,” ujar Kepala ekonom DRI Moekti P. Soejachmoen dalam laporan yang diterima Kabarmagazine.com. 

Terperinci, IKK pada daerah pedesaan meningkat 8,5% mom menjadi 85,5. Sementara IKK di area perkotaan meningkat 5,0% mom menjadi 81,5. 

Sementara secara spasial, peningkatan IKK juga terlihat di beberapa daerah yang disurvei, seperti Jawa Timur yang meroket 23,28% mom menjadi 85,9 dan disusul Jawa Tengah yang mencatat IKK 96,4 atau naik 10,3% mom. 

Baca Juga: Survei DRI: Kepercayaan konsumen meningkat pada Desember 2020

Kemudian ada juga JAwa Barat yang meningkat 9,5% mom menjadi 78,9 dan Sulawesi Selatan yang kepercayaan konsumennya meningkat tipis 0,5% mom menjadi 81,0. 

Akan tetapi, ada beberapa provinsi yang mengalami penurunan IKK. Seperti DKI Jakarta yang turun 3,9% mom menjadi 81,0 dan Sumatra Utara yang turun 5,0% mom menjadi 72,3. 

“Penurunan IKK, terutama di Jakarta bisa disebabkan oleh konsumen yang khawatir akan peningkatan penyebaran Covid-19 hingga pertengahan Desember 2020, di tengah pelonggaran kebijakan pembatasan aktivitas,” pungkas Moekti.

 

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.