KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Pakai bahan alami, ini 4 cara mengatasi gusi bengkak


Kabarmagazine.com – JAKARTA. Gusi bengkak adalah salah satu masalah kesehatan mulut yang bisa membuat Anda tidak nyaman. Supaya kegiatan Anda tak terganggu, Anda perlu segera melakukan cara mengatasi gusi bengkak, salah satunya adalah dengan memakai bahan alami.

Ada banyak hal yang menyebabkan gusi Anda bengkak. Mulai dari menggosok gigi dengan cara yang kurang benar, pemakaian kawat gigi, atau gigi yang mau tumbuh. Perubahan hormon yang dialami wanita hamil, menstruasi, atau menopause juga bisa menyebabkan hal yang sama.

Jika Anda belum bisa mengunjungi dokter gigi, ada satu cara yang cukup efektif untuk dicoba, yaitu menggunakan kompres untuk meredakan inflamasi. Caranya, basahi handuk dengan air panas lalu gunakan handuk tersebut untuk menekan bagian pipi yang bengkak.

Selanjutnya, ganti kompres panas dengan kompres dingin. Lakukan cara tersebut secara bergantian sampai rasa sakit berkurang. Selain memakai kompres, masih ada cara lain yang bisa Anda coba untuk mengobati gusi bengkak.

Baca Juga: Inilah 4 faktor penyebab mulut terasa pahit

Air Garam

Inflamasi atau gusi bengkak yang Anda alami bisa diperparah dengan adanya infeksi bakteri. Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa hal tersebut bisa dicegah dengan berkumur menggunakan air garam.

Caranya, campur 1 sdt garam ke dalam segelas air hangat. Setelah teraduk rata, gunakan air garam tersebut untuk berkumur. Karena ada risiko tertelan, jangan berikan air garam untuk anak-anak. Lakukan cara tersebut minimal dua kali dalam sehari supaya inflamasi cepat mereda.

Rempah

Cara mengatasi gusi bengkak bisa diatasi dengan beberapa macam rempah, salah satunya adalah kunyit.

Memanfaatkan berbagai macam rempah yang ada di dapur Anda bisa jadi cara mengatasi gusi bengkak, lo. Beberapa rempah yang dimaksud adalah cengkeh, kunyit, dan lain-lain. Caranya, campurkan bubuk rempah dengan sedikit air hingga berbentuk pasta.

Gunakan pasta tersebut pada gusi yang bengkak sampai rasa sakit berkurang. Setelah itu, Anda perlu berkumur dengan air untuk membersihkan sisa pasta. Ulangi cara tersebut beberapa kali dalam sehari sampai gusi bengkak hilang.

Baca Juga: 4 Cara mengobati sakit gigi mudah, bisa dilakukan di rumah

Kantung Teh

Mengutip dari Healthline, teh cocok dipakai untuk mengurangi gusi bengkak karena memiliki kandungan antiinflamasi. Pertama, rebus kantung teh selama lima menit seperti biasa. Setelah mendidih dan didinginkan, pakai kantung teh itu pada gusi bengkak minimal selama lima menit.

Obat Semprot

Obat semprot yang Anda buat dari essential oil jadi cara mengatasi gusi bengkak lainnya yang bisa Anda pilih. Isi botol semprot dengan air lalu tambahkan sekitar lima tetes essential oil untuk tiap ons carrier oil. Kocok botol semprot itu lalu gunakan air yang ada di dalamnya untuk menyembuhkan gusi bengkak.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.