KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
BI prediksi penjualan ritel terkerek momen Natal dan Tahun Baru 2020


ILUSTRASI. BI prediksi penjualan ritel terkerek momen Natal dan Tahun Baru 2020

Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

Kabarmagazine.com –  JAKARTA. Adanya momen Natal dan perayaan Tahun Baru digadang mampu menggenjot kinerja penjualan riil pada bulan Desember 2020.

Bank Indonesia (BI) memperkirakan, Indeks Penjualan Riil pada bulan Desember 2020 akan sebesar 186,5 atau naik 2,9% dari IPR pada bulan November 2020 yang sebesar 181,3.

“Peningkatan tersebut diperkirakan didorong oleh permintaan masyarakat pada saat hari besar keagamaan nasional natal dan tahun baru,” ujar Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono kepada Kabarmagazine.com, Selasa (12/1).

Seluruh kelompok juga diprediksi akan mengalami pertumbuhan yang positif, terutama pada kelompok peralatan informasi dan komunikasi yang bisa tumbuh 4,5% mom dan kelompok perlengkapan rumah tangga sebesar 3,0% mom.

Baca Juga: Mitra Pinasthika (MPMX) bidik pertumbuhan pendapatan 10%-15% di tahun 2021

Kelompok makanan, minuman, dan tembakau juga terindikasi mengalami peningkatan kinerja menjadi 2,4% mom pada bulan Desember 2020, setelah pada bulan sebelumnya terkontraksi minus 0,5% mom.

Akan tetapi, bila dibandingkan dengan pertumbuhan IPR pada bulan Desember 2019, IPR pada bulan Desember 2020 diperkirakan masih akan terkontraksi minus 20,7% yoy. Bahkan ini lebih dalam dari penurunan tahunan pada bulan November 2020 yang sebesar minus 16,3% yoy.

“Penurunan penjualan tahunan diindikasi terutama pada subkelompok Sandang dengan kontraksi minus 60,9% yoy dan kelompok peralatan informasi dan komunikasi dengan kontraksi minus 38,4% yoy,” tandas Erwin.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.