KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Komisi III gelar uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri Listyo Sigit pekan depan


ILUSTRASI. Komisi III gelar uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo pada pekan depan.

Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

Kabarmagazine.com –  JAKARTA. Ketua Komisi III DPR Herman Hery mengatakan, uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terkait calon Kapolri akan digelar pada pekan depan.

Ia mengatakan, sebelum memulai uji kelayakan dan kepatutan, Komisi III akan mengundang Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk menerima masukan.

“Besok kami akan mengundang RDPU PPATK dan Kompolnas. Tujuan RDPU tersebut adalah untuk meminta masukan dari masyarakat. Nah RDPU besok, kita akan mulai jam 11 kira-kira,” kata Herman usai rapat internal Komisi III, Rabu (13/1/2021).

Kemudian, Herman mengatakan, rangkaian uji kelayakan dan kepatutan akan digelar pada Senin, 18 Januari 2021.

Baca Juga: Mengenal Komjen Listyo Sigit Prabowo eks ajudan yang jadi calon tunggal Kapolri

“Berikutnya hari Senin calon akan diundang ke sini untuk membuat makalah, 1-2 jam pembuatan makalah itu, lalu hari Selasa akan dilakukan fit and proper test,” ujarnya.

Herman melanjutkan, uji kelayakan dan kepatutan pada Selasa, akan dimulai pukul 10.00 WIB dengan dua sesi pagi dan siang.

Berdasarkan hal tersebut, ia berharap, setelah uji dilakukan, Komisi III dapat segera membuat keputusan menolak atau menerima calon Kapolri yang diajukan Presiden Jokowi.

“Kami harapkan di hari Selasa itu, sore harinya sudah bisa komisi III rapat untuk membuat keputusan menolak atau menerima calon yang diajukan oleh presiden,” pungkasnya.

Baca Juga: BREAKING NEWS: Komjen Listyo Sigit Prabowo jadi calon tunggal Kapolri

Presiden Jokowi telah menyampaikan usulan nama calon tunggal Kapolri ke DPR RI, pada Rabu. Nama Komjen Listyo Sigit Prabowo dipilih sebagai calon tunggal Kapolri.

Listyo saat ini menjabat sebagai Kepala Bareskrim Polri. “Bapak Presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri dengan nama tunggal yaitu Bapak Drs Listyo Sigit Prabowo MSi yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri,” ujar Ketua DPR Puan Maharani dalam konferensi pers di Gedung DPR.

Puan mengatakan, terhitung 20 hari DPR akan memproses nama calon Kapolri dalam bentuk persetujuan atas calon tunggal Kapolri tersebut. (Haryanti Puspa Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Komisi III: Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri Digelar Pekan Depan”

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.