KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
4 cara mengobati sakit gigi berlubang, efektif dan mudah dicoba


Kabarmagazine.com – JAKARTA. Gigi berlubang terjadi karena infeksi bakteri bernama Streptococcus mtans. Infeksi tersebut menyebabkan munculnya plak yang dapat mengurangi mineral di enamel gigi. Untuk mengatasi hal tersebut, ada banyak cara mengobati sakit gigi berlubang yang bisa Anda lakukan.

Anda pun perlu mengetahui faktor apa saja yang bisa meningkatkan risiko gigi berlubang. Mengutip dari Healthline (healthline.com), gigi berlubang bisa terjadi saat tubuh kekurangan vitamin D. Tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut juga bisa menyebabkan hal yang sama.

Cobalah untuk menghindari gigi berlubang dengan tidak terlalu sering mengonsumsi makanan manis dan makanan yang mudah menempel di gigi, seperti permen. Selain itu, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan alami supaya gigi berlubang bisa teratasi.

Permen Karet

Mengunyah permen karet setelah makan jadi salah satu cara mengembalikan dan menjaga mineral enamel gigi. Namun, pastikan untuk mengunyah permen karet tanpa pemanis, ya. Anda bisa mengunyah permen karet yang terbuat dari xylitol.

Baca Juga: Ini obat herbal untuk sakit gigi yang bisa Anda buat sendiri di rumah

Dengan mengunyah permen karet xylitol, produksi air liur dan pH plak meningkat serta mengurangi jumlah bakteri S. mutans. Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk membuktikan efek tersebut.

Mencukupi Kebutuhan Vitamin D

Seperti yang telah dikatakan, kekurangan vitamin D bisa mengakibatkan gigi berlubang karena jenis vitamin tersebut berhubungan dengan penyerapan kalsium dan fosfat. Cobalah untuk berjemur di bawah sinar matahari secara rutin atau mengonsumsi produk olahan susu.

Hindari Makanan Manis

Menghindari makanan dan minuman manis bisa jadi salah satu cara mengobati sakit gigi berlubang.

Cara mengobati sakit gigi berlubang yang tidak boleh terlewatkan adalah dengan menghindari makanan manis. Cobalah untuk mengonsumsi gula tidak lebih dari 10% asupan kalori harian. Alih-alih mengonsumsi makanan atau minuman dengan pemanis buatan, cobalah untuk makan buah atau bahan alami dengan rasa manis.

Baca Juga: Inilah 4 penyebab radang gusi yang perlu Anda waspadai

Pasta Gigi Berfluorida

Cara mengobati sakit gigi berlubang selanjutnya yang direkomendasikan Healthline adalah dengan memakai pasta gigi berfluorida. Fluor berperan penting karena mampu meremineralisasi enamel gigi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menggosok gigi dengan pasta gigi berfluorida efektif mencegah gigi berlubang. Namun, penelitian terdahulu lebih banyak melibatkan anak-anak dan remaja. Masih diperlukan lebih banyak penelitian yang melibatkan orang dewasa.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.