KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
5 Manfaat infused water jeruk nipis untuk kesehatan bila diminum secara rutin


Kabarmagazine.com – JAKARTA. Infused water jeruk nipis segar dan rasanya sedikit asam. Ini manfaat infused water jeruk nipis untuk kesehatan bila diminum secara rutin. 

Sekitar 65% tubuh manusia terdiri dari air. Asal tahu saja, air memiliki peran penting dalam pembentukan berbagai cairan tubuh. 

Baca Juga: Segar dan kaya nutrisi, 4 manfaat infused water jeruk lemon untuk kesehatan tubuh

Selain itu, tubuh memerlukan air untuk proses pencernaan, mengatur suhu tubuh, membawa nutrisi ke sel tubuh, dan lainnya. 

Maka dari itu Anda sebaiknya minum air sekitar 8 gelas perhari. Bila bosan minum air, Anda bisa mencampurkan buah-buahan ke dalam air agar terasa lebih segar dan nikmat. 

Salah satu buah yang bisa Anda campurkan dengan air adalah jeruk nipis. Minum ini sering disebut dengan infused water jeruk nipis. 

Melansir buku berjudul Variasi Favorit Infused Water Berkhasiat Ampuh Mengatasi Hipertensi, Diabetes, Kanker, & Gangguan Ginjal karya, Desty Ervira Puspaningtyas,S.Gz., Yunita Indah Prasetyaningsrum, S.Gz, infused water mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh. 

Infused water jeruk nipis mengandung vitamin C, lomonene, flavonoid, serat, dan asam sitrat. 

Infused water jeruk nipis memberikan banyak manfaat bila Anda minum secara rutin. 

Berikut manfaat infused water jeruk nipis untuk kesehatan. 

1. Kolesterol dan sistem pencernaan 

Jeruk nipis kaya akan serat. Bila Anda minum infused water jeruk nipis secara rutin bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Selain itu serat dalam jeruk nipis berperan untuk menjaga sistem percernaan.

2. Menurunkan berat badan 

Asam sitrat dalam jeruk nipis efektif membantu Anda menurunkan berat badan. 

3. Asam urat 

Selain bisa menurunkan berat badan, asam sitrat juga bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dan membuangnya melalui urin. 

4. Batu empedu 

Infused water jeruk nipis baik diminum oleh penderita batu empedu. Sebab kandungan limonene dan asam sitrat mampu meluruhkan batu empedu. 

5. Sariawan 

Sudah bukan rahasia bila jeruk nipis kaya akan vitamin C. Kandungan ini bermanfaat untuk membantu penyembuhan dan mencegah sariawan. 

Cara membuat infused water jeruk nipis cukup mudah. Anda potong 60 gram jeruk nipis kecil-kecil. 

Setelah itu, Anda masukkan jeruk nipis ke dalam 500 ml air matang. Anda simpan air jeruk nipis yang sudah ditutup di dalam kulkas selama 4-5 jam. 

Baca Juga: Ini manfaat minum infused water buah delima secara rutin untuk kesehatan tubuh

 



Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.