KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Ekonom Bank BCA prediksi neraca dagang Desember 2020 masih surplus


ILUSTRASI. Impor anjlok, Ekonom Bank BCA prediksi neraca dagang Desember 2020 diprediksi masih akan surplus

Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

Kabarmagazine.com –  JAKARTA. Setelah surplus 7 bulan berturut-turut, neraca perdagangan Indonesia pada Desember 2020 diperkirakan akan kembali untung.

Kepala ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual memperkirakan surplus neraca dagang Indonesia pada bulan Desember 2020 adalah sebesar US$ 2,23 miliar.

David melihat, kalau surplus neraca dagang tersebut ditopang oleh pertumbuhan ekspor di tengah penurunan impor.

Ekspor diperkirakan akan sudah membaik daripada kondisi di bulan Desember 2019, dengan pertumbuhan sebesar 7,08% yoy. Sementara impor, nampak masih akan terkontraksi, yaitu tumbuh minus 13,71% year on year (yoy).

Baca Juga: Ekonom Bank Permata proyeksi neraca dagang bulan Desember surplus US$ 2,58 miliar

“Ekspor masih didorong oleh peningkatan permintaan dan harga komoditas. Sementara impor, karena sudah melewati puncaknya. Puncak impor biasanya secara musiman sudah meningkat 1 sampai 2 bulan sebelum akhir tahun,” jelas David kepada Kabarmagazine.com, Kamis (14/1).

Dengan perkembangan tersebut, hitungan David menunjukkan kalau neraca perdagangan di sepanjang tahun 2020 akan mengalami surplus sebesar US$ 21,89 miliar.  

Kinerja neraca dagang tersebut membaik daripada kinerja neraca dagang pada bulan Desember 2019 yang pada waktu itu mengalami defisit sebesar US$ 3,2 miliar.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.