KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Fungsi kelenjar prostat dan gangguan yang bisa Anda alami


Kabarmagazine.com – JAKARTA. Kelenjar prostat termasuk dalam organ reproduksi laki-laki yang memiliki peran penting. Letaknya di bawah kandung kemih dan bertugas untuk memproduksi air mani. Tentu saja fungsi kelenjar prostat tak hanya itu.

Masih banyak fungsi lain yang bisa dilakukan oleh kelenjar prostat sehingga kondisinya perlu Anda jaga dengan baik. Jika tidak, ada berbagai macam hal yang bisa mengganggu kesehatan Anda. Umunya, gangguan pada prostat dialami oleh orang tua.

Salah satu gejala prostat mengalami gangguan adalah Anda menjadi buang air kecil lebih sering. Jika terus dibiarkan kelenjar prostat tak mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Padahal, selain memproduksi air mani, kelenjar prostat juga berguna untuk metabolisme hormon.

Fungsi Kelenjar Prostat

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), kelenjar prostat berkontribusi sekitar 20%-30% cairan dari jumlah air mani yang diproduksi laki-laki. Cairan itu terbuat dari nutrisi dan mineral penting yang dibutuhkan sperma untuk bertahan hidup. Mulai dari zinc, asam sitrat, dan enzim.

Baca Juga: Ini penyebab dan gejala seseorang terkena infeksi saluran kemih

Selain itu, fungsi kelenjar prostat adalah befungsi dalam metabolisme hormon. Supaya fungsinya bisa berjalan dengan baik, kelenjar prostat membutuhkan hormon androgen atau hormon reproduksi laki-laki.

Gangguan Pada Kelenjar Prostat

Ada beberapa gangguan yang bisa menyerang kelenjar prostat Anda. Pertama, organ tersebut bisa mengalami pembengkakan yang biasa disebut dengan beneign prostatic hypertrophy atau BPH. Saat membengkak, kelenjar prostat akan menekan uretra sehingga Anda kesulitan untuk buang air kecil.

Kedua, kanker juga bisa menyerang kelenjar prostat Anda. Kondisi tersebut merupakan hal yang umum dialami oleh laki-laki. Menurut American Cancer Society, satu dari sembilan orang mengalami kanker prostat. Laki-laki yang mengalami kondisi itu rata-rata berumur 66 tahun.

Baca Juga: Dapat mencegah kanker, inilah manfaat buah nangka untuk kesehatan

Gejala Gangguan Kelenjar Prostat

Medical News Today mengatakan bahwa ada beberapa gejala gangguan kelenjar prostat yang bisa Anda alami. Mulai dari sering buang air kecil, urin bercampur dengan darah, demam, sakit perut, dan muncul rasa sakit saat buang air kecil.

Jika terus dibiarkan, ada banyak gangguan kesehatan yang bisa Anda alami. Misalnya, infeksi saluran kemih, batu ginjal, dan gagal ginjal. Maka dari itu, segera periksakan diri ke dokter jika mengalami gejala-gejala tersebut.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.