KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
BI catat pekan kedua Januari 2021, asing beli neto Rp 4,77 triliun


ILUSTRASI. BI catat pekan kedua Januari 2021, asing beli neto Rp 4,77 triliun.

Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

Kabarmagazine.com – JAKARTA. Bank Indonesia (BI) mencatat kalau aliran modal asing masih masuk ke pasar keuangan domestik Indonesia di pekan kedua tahun 2021.

Berdasarkan data transaksi BI tanggal 11 Januari 2021 hingga 14 Januari 2021, nonresiden di pasar keuangan melakukan beli neto sebesar Rp 4,77 triliun.

“Dengan beli neto di pasar saham sebesar Rp 7,86 triliun dan jual neto di pasar Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp 3,09 triliun,” ujar Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam laporannya, Jumat (15/1).

Baca Juga: Menguat akhir pekan ini, bagaimana pergerakan rupiah atas dolar AS pekan depan?

Sayangnya, masuknya asing ke pasar keuangan domestik dibarengi dengan premi risiko investasi atau premi credit default swap (CDS) Indonesia 5 tahun yang meningkat.

Awalnya, per 8 Januari 2021 premi CDS sudah berhasil turun ke 67,29 basis poin (bps). Namun, pada 14 Januari 2021 ini, premi CDS naik ke 71,59 bps.

Dengan demikian, berdasarkan data setelmen selama 2021 (ytd), nonresiden di pasar keuangan domestik mencatat beli neto sebesar RP 8,55 triliun.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.