KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
Nilai ekspor ke negara RCEP memegang pangsa 55% dari total ekspor di tahun 2020


ILUSTRASI. Pekerja melakukan bongkar muat peti kemas di Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta

Reporter: Bidara Pink | Editor: Yudho Winarto

Kabarmagazine.com – JAKARTA. Indonesia sudah meneken kesepakatan kerja sama ekonomi komprehensif regional atau Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) pada 15 November 2020 lalu.

Sebelumnya, RCEP ini merupakan pakta perdagangan besar yang diusulkan oleh ASEAN untuk meningkatkan perdagangan di antara negara-negara anggotanya, plus dengan mitra perjanjian perdagangan bebas atau free trade agreement (FTA).

Nah, dengan begitu yang termasuk anggota kerja sama ini adalah 10 negara ASEAN, yaitu Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam, serta lima mitra FTA yaitu Australia, China, Jepang, Selandia Baru, dan Korea Selatan.

Dari data yang diterima Kabarmagazine.com dari Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor Indonesia setelah perjanjian tersebut atau di keseluruhan tahun 2020 tercatat sebesar US$ 91,43 miliar atau 55,54% dari total ekspor di keseluruhan tahun lalu yang sebesar US$ 163,31 miliar.

Baca Juga: Kementerian Perdagangan Bidik Penuntasan 11 Perjanjian Perdagangan Sepanjang 2021

Lebih lanjut, dari 14 negara anggota RCEP tersebut, beberapa negara sudah tercatat menjadi negara tujuan ekspor terbesar Indonesia selama beberapa tahun terakhir ini.

Seperti contohnya negara China, Jepang, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, dan Thailand masuk ke daftar negara tujuan ekspor terbesar Indonesia pada tahun 2020.

Ekspor Indonesia ke negara China tercatat sebesar US$ 31,78 miliar atau 19,5% dari total nilai ekspor di sepanjang tahun 2020 yang sebesar US$ 163,31 miliar.

?Bahkan, kalau dibandingkan total nilai ekspor Indonesia ke negara Tirai Bambu tersebut pada tahun 2020 dengan negara-negara anggota RCEP lainnya, ini yang paling besar dengan pangsa 34,75% sendiri.

Kemudian, ekspor Indonesia ke negara Jepang tercatat sebesar US$ 13,66 miliar atau 8,36% dari total nilai ekspor 2020. Dan bila dibandingkan dengan ekspor ke negara RCEP lain, pangsa ekspor Indonesia 14,94%.

Ekspor ke negara Singapura tercatat sebesar US$ 10,71 miliar atau 6,56% dari total ekspor di sepanjang tahun 2020 dan bila dibandingkan dengan total ekspor ke negara RCEP, ini sebesar 11,72%.

Baca Juga: Fokus Kemendag tahun ini menyelesaikan 11 negosiasi dagang

Ekspor Indonesia ke negara Malaysia pada tahun 2020 tercatat sebesar US$ 8,13 miliar atau 0,61% dari total ekspor di sepanjang tahun lalu. Ekspor ke negeri jiran tersebut tercatat sebesar 8,89% bila dibandingkan dengan total ekspor Indonesia ke negara RCEP.

Sementara ekspor Indonesia ke negara Korea Selatan tercatat sebesar RP 6,51 miliar pada tahun 2020 dan ekspor ke negara Thailand sebesar US$ 5,11 miliar.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.