KABARMAGAZINE

Kabar Online Terlengkap
14 Gejala virus corona yang masih muncul 6 bulan setelah pasien Covid-19 sembuh


Kabarmagazine.com – TEL AVIV. Hampir setengah dari penderita Covid-19 ringan atau sedang yang sudah sembuh masih mengalami gejala virus corona enam bulan kemudian, menurut sebuah studi baru oleh para peneliti Israel.

Melansir The Jerusalem Post, penelitian, yang akan terbit bulan ini di Journal of Clinical Microbiology and Infection, mengevaluasi 103 orang berusia di atas 18 tahun yang mengidap virus corona antara April dan Oktober 2020. 

Orang-orang tersebut memiliki gejala ringan hingga sedang, yang berarti mereka tidak asimtomatik dan tidak dirawat di rumah sakit karena penyakit yang lebih parah. Peserta menjalani wawancara hingga empat kali selama penelitian.

“Sangat menakutkan, setelah enam bulan, orang muda yang sehat dan merasa baik-baik saja sebelum terjangkit virus corona masih memiliki gejala,” kata Dr. Sarah Israel dari Hadassah-University Medical Center, yang membantu penulis laporan penelitian tersebut, seperti dikutip The Jerusalem Post.

Selama enam bulan setelah sembuh, 46% pasien memiliki setidaknya satu gejala yang berkelanjutan, paling sering adalah kelelahan (22%), perubahan bau dan rasa (15%), atau kesulitan bernapas (8%).

Baca Juga: Studi baru: Vaksin efektif dalam mengurangi penularan virus corona

Studi tersebut menunjukkan, 44% orang mengalami sakit kepala, 41% demam, 39% nyeri otot, dan 38% batuk kering sebagai gejala virus corona pertama mereka, biasanya muncul di hari kedua setelah dinyatakan positif. Tetapi, banyak dari gejala itu sembuh sendiri dengan relatif cepat.

Sebaliknya, perubahan bau dan rasa, yang biasanya muncul sekitar hari keempat setelah dinyatakan positif, termasuk gejala virus corona yang paling lama bertahan.

Gejala kehilangan ingatan dan rambut rontok

Total ada 14 gejala virus corona yang masuk dalam analisis akhir, 12 di antaranya terdaftar sebagai gejala oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) per Desember 2020. 

Itu termasuk perubahan bau dan rasa, demam, batuk kering dan berdahak, nyeri otot, sakit kepala, pilek, sakit tenggorokan, diare, sesak nafas, serta muntah dan mual.

Selain itu, lebih dari separuh peserta (53%) mengeluhkan gejala yang tidak tercatat oleh CDC: kehilangan nafsu makan.

Baca Juga: Kasus mingguan virus corona global lanjutkan tren penurunan, terendah sejak Oktober



Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.